judul gambar
BadungPendidikan

Universitas Udayana Terima Kunjungan Studi Banding UPN Veteran Bahas Indikator Kinerja Utama dan MBKM-MSIB

Jimbaran, LenteraEsai.id – Universitas Udayana menerima kunjungan dalam rangka Studi Banding Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Rombongan UPN Veteran yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Suharsono ini diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (11/10/2023).

Turut hadir yakni Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, para Wakil Dekan atau perwakilan dari Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unit MBKM dan Koordinator unit terkait.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim dari UPN Veteran. Terkait dengan tujuan ini, diharapkan dapat dilakukan diskusi dengan Tim yang hadir untuk saling bertukar informasi dan praktik baik yang dilakukan masing-masing institusi untuk dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi masing-masing. Dalam kesempatan ini Wakil Rektor juga memperkenalkan sekilas tentang Universitas Udayana yang berbentuk BLU dan menuju PTNBH.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Suharsono menyampaikan sekilas mengenai pendirian UPN Veteran yang saat ini memiliki lima fakultas dengan 33 Program Studi dan belum memiliki sekolah Pascasarjana, karena jenjang magister yang ada masih linear dan belum memiliki yang multidisiplin.

Terkait dengan kebijakan Kementerian yaitu capaian Indikator Kinerja Utama (IKU), demikian juga Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MBKM-MSIB), diawal program tersebut dijalankan agak lumayan berat, akan tetapi perguruan tinggi lainnya berlari kencang dan di UPN Veteran penambahannya kurang signifikan, sehingga melalui kunjungan studi banding ini diharapkan mendapat gambaran dan masukan dari Universitas Udayana untuk nantinya bisa dipraktekan di UPN Veteran.

Dalam kunjungan ini Perwakilan Unit MBKM Unud Ni Ketut Arismayanti memaparkan tentang pengelolaan MBKM di Universitas Udayana, yang dilanjutkan dengan diskusi serta sharing pengalaman masing-masing institusi dalam pengelolaan MBKM.

 

 

Peliput: NPA Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id