judul gambar
Pendidikan

Tim FIBAA FH Unud Ikuti Pelatihan Pendidikan Jarak Jauh: Pemenuhan Akreditasi Internasional

Denpasar, LenteraEsai.id – Perwakilan Tim Task Force FIBAA, Made Suksma Prijandhini Devi Salain mengikuti Pelatihan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Implementasi Outcome-Based Education pada Pembelajaran Daring Menggunakan LMS OASE, di Ruang 3 Lantai 3 Gedung Pasacasarjana Kampus Sudirman Denpasar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unud, Jumat (8/9/2023).

Acara dibuka oleh Ketua LP3M Unud, Prof I Nengah Sujaya dan menghadirkan 3 pemateri, yaitu: Gede Sukadarmika, Desak Putu Eka Nilakusmawati dan Silvia Damayanti, yang dimoderatori oleh I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan.

Kegiatan pelatihan PJJ diikuti sejumlah fakultas di Unud yang sedang berproses mengikuti akreditasi internasional, yakni Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pariwisata, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Sistem PJJ yang sudah berjalan selama ini di Unud menggunakan OASE. Substansi materi perkuliahan yang diupload ke dalam OASE harus disesuaikan dengan kurikulum yang berbasis Outcome-based Education (OBE). Mulai dari Learning Outcome, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan Kemampuan Akhir Mahasiswa (KAM) harus benar-benar menunjukkan outcome yang jelas termasuk jenis tugas dan metode penilaian yang diberikan kepada mahasiswa.

Selain itu, penggunaan OASE akan mempermudah asesor akreditasi internasional mengevaluasi proses belajar mengajar karena disyaratkan adanya persamaan materi, tugas, soal ujian, metode pembelajaran dan penilaian untuk mata kuliah-mata kuliah yang mempunyai kelas paralel. Sehingga perlu adanya akselerasi oleh FH Unud yang sedang berproses akreditasi internasional FIBAA.  (LE/Vik)

Lenteraesai.id