judul gambar
DenpasarHeadlines

Pembuang Sampah Sembarangan di Denpasar Diminta Tanda Tangani Surat Perjanjian

Denpasar, LenteraEsai.id – Seorang pria yang kedapatan membuang sampah sembarangan di wilayah Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar pada Senin (3/4/2023), diberi teguran keras oleh pihak pemerintahan desa setempat.

Tidak hanya itu, atas pelanggaran yang dilakukan, pria yang bersangkutan pun diminta membuat surat pernyataan yang pada pokoknya berisikan janji untuk tidak mengulangi lagi perbuatan serupa, kata Lurah Sesetan Putu Wisnu Wardana, ketika dihubungi wartawan, Selasa (4/4/2023).

Ia menyebutkan, yang bersangkutan tertangkap tangan membuang sampah secara sembarangan. “Sehubungan dengan itu, atas perbuatannya kami beri teguran, dan juga sudah membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatan membuang sampah sembarangan. Jika kembali kedapatan melakukan perbuatan serupa, yang bersangkutan mengaku siap diberikan sanksi yang lebih berat,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, yang bersangkutan diketahui membuang sampah di kawasan Jalan Raya Sesetan Denpasar. Sehingga dengan penertiban ini juga diharapkan menjadi wahana edukasi bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam penanganan sampah.

Wisnu Wardana berharap, dengan adanya penindakan ini dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat ke depannya, yakni tidak membuang sampah dengan seenak udel, terlebih di pinggir jalan atau di selokan. Hal ini sesuai dengan Perda Kota Denpasar Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pengolahan Sampah.

“Dan untuk selanjutnya jika kembali ada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya, menegaskan.

Lurah Sesetan mengimbau masyarakat untuk senantiasa mentaati jam pembuangan sampah serta membuang sesuai dengan tempat yang telah ditentukan. Tak hanya itu, masyarakat juga diimbau untuk mengikuti swakelola sampah dalam penanganan sampah di rumah tangga.

“Jadi kami mengajak warga masyarakat untuk ikut andil penanganan sampah dengan mengikuti swakelola sampah dalam rangka mewujudkan Denpasar yang bersih dan asri,” katanya, mengajak. (LE-DP)

 

Lenteraesai.id