judul gambar
HeadlinesPendidikan

Mahasiswa FT Unud Sabet Emas dalam World Invention and Technology Expo 2022

Jimbaran, LenteraEsai.id – Kelompok mahasiswa Universitas Udayana (Unud) yang merupakan gabungan dari Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran Unud berhasil memperoleh medali emas dalam World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2022.

Kegiatan yang diadakan di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana, Jimbaran, Bali pada 30-31 Oktober 2022 ini merupakan lomba skala internasional dengan tema Riset, Invensi, dan Inovasi Ilmiah, dengan mengusung tema ‘Inno-fun-tion for Everyone Promoting The Importance of Innovation for Everyone’, yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).

Kelompok mahasiswa yang dibimbing oleh Prof I Wayan Widhiada ST MSc PhD ini terdiri dari 5 anggota kelompok, tiga orang dari Fakultas Teknik yaitu I Gede Febri Bala Antara, I Made Putra Arya Winata dan Ketut Tri Andika Ariana, serta dua orang dari Fakultas Kedokteran yaitu Putu Emilia Dewi dan Ni Putu Eka Frastika Sari. Mereka berhasil mengalahkan kelompok mahasiswa lain yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Romania, dan Mesir.

Invensi yang dibuat merupakan sebuah prototipe alat monitoring risiko penyakit neuropati optik glaukoma yang disebut dengan ‘Glassist’. ‘Glassist’ dirancang dan telah diuji secara langsung di RSUP Prof dr IGNG Ngoerah dengan pendampingan dokter spesialis mata, dr I Gusti Ayu Ratna Suryaningrum MBiomed SpM. Diharapkan prototipe siap diterapkembangkan dengan integrasi Machine Learning dalam membantu memonitor pasien Glaukoma dari rumahnya masing-masing, tanpa harus datang ke rumah sakit.

I Gede Febri Bala Antara menyebutkan, lomba ini merupakan pengalaman yang berharga untuk mengembangkan ide dan membuat impact besar bagi masyarakat. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi contoh baik guna mendorong mahasiswa lain untuk terus menggali kreativitasnya dalam menghasilkan karya yang inovatif, ujarnya.  (LE-BD)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id