judul gambar
DenpasarHeadlines

Angkat Penampilan Produksi dan Reproduksi Ayam Kampung, AW Puger Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan Unud

Denpasar, LenteraEsai.id – Fakultas Peternakan Universitas Udayana kembali melahirkan seorang doktor di bidang Ilmu Peternakan, Antonius Wayan Puger yang merupakan dosen Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Promovenda dinyatakan lulus setelah menempuh ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Dr Ir I Nyoman Tirta Ariana MS IPU, bertempat di aula Pascasarjana Lt 3 Kampus Universitas Udayana Jalan Sudirman Denpasar, pada Jumat (5/8).

Wayan Puger memperoleh gelar doktor bidang Ilmu Peternakan dengan disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul ‘Pengaruh Tingkat Protein dalam Ransum Terhadap Penampilan Produksi dan Reproduksi Ayam Kampung’. Hasil penelitian mendapatkan novelty: 1. Ayam kampung yang dipelihara dengan ransum mengandung protein rendah 14%, penampilan pertumbuhan, produksi dan reproduksi lebih rendah dan tidak mampu mengembalikan berat badan dengan cepat; 2. Pemberian protein tingkat 18% optimal ditinjau dari sudut pertumbuhan, produksi, reproduksi dan nilai ekonomisnya.

“Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah: 1. Mendapatkan tingkat protein optimal untuk pertumbuhan ayam kampung; 2. Mendapatkan tingkat protein optimal dalam ransum untuk produksi telur dan; 3. Tingkat protein ransum mempengaruhi kecepatan recovery berat badan dan peneluran kembali pascamengeram.” papar Wayan Puger

Tim Promotor ujian terbuka promosi doktor ini terdiri atas Prof Dr Ir I Gede Mahardika MS, Prof Dr Ir I Wayan Suarna MS, dan Prof Dr Ir Ni Nyoman Suryani MSi. Menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. (LE-DP) 

Lenteraesai.id