judul gambar
GianyarHeadlines

Sebanyak 63 Sapi di Desa Batuan Kaler Gianyar Telah Divaksinasi PMK

Gianyar, LenteraEsai.id – Dalam mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan, UPTD Puskeswan Wilayah III Kabupaten Gianyar bersama relawan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), melaksanakan kegiatan vaksinasi PMK dan pendataan ternak sapi di Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar pada  Sabtu (23/7).

Kegiatan vaksinasi yang lebih difokuskan pada sapi ternak ini, ditemani oleh perangkat desa, Babinsa dan Babinkantipmas Desa Batuan Kaler. Pembagian vaksinasi dilakukan menjadi 3 wilayah meliputi wilayah 1 di Banjar Cangi, wilayah 2 di Banjar Blahtanah, dan wilayah 3 mencakup Banjar Sakah dan Banjar Dauh Uma.

Hasil dari kegiatan vaksinasi di Desa Batuan Kaler terdata sebanyak 63 sapi telah terdata dan tervaksinasi PMK. Selanjutnya akan dilakukan vaksin booster yang akan diberikan pada hewan kurang lebih satu bulan kemudian. Kegiatan vaksinasi ini akan dilanjutkan ke desa-desa lain untuk pemerataan vaksinasi di Bali.

Diharapkan melalui kegiatan vaksinasi ini, masyarakat semakin waspada akan bahaya PMK dan mengetahui cara pencegahan PMK bagi ternak mereka. Biosecurity kandang juga menjadi indikator penting sebagai upaya sterilisasi kandang dan pencegahan penyebaran virus PMK sehingga nantinya kasus PMK bisa lebih terkendali dan segera mereda. (LE-GA)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id