judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pertamina Dukung Pelestarian Lingkungan Rawa Pantai Labuhan Amuk

Karangasem, LenteraEsai.id – Dukung pelestarian alam, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Manggis menggelar aksi lingkungan di rawa Pantai Labuhan Amuk Karangasem, pada Jumat (8/7).

Bertempat di sekitar Rawa Gerobokan Pantai Labuhan Amuk Desa Antiga Keamatan Manggis Kabupaten Karangasem, Pertamina turut menggandeng Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) Tirta Segara sebagai kelompok penggerak yang akan membantu dalam proses pelestarian lingkungan Rawa Gerobokan ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pemerintah daerah Kecamatan Manggis, Kapolsek Manggis, Danramil Manggis serta jajaran staf pemerintah Desa Antiga.

Dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain pelepasliaran 2.000 bibit ikan, penanaman 100 pohon bakau dan pelepasliaran 20 burung. Kemudian di akhir kegiatan seluruh peserta yang hadir bergotong royong untuk bersih-bersih di area sekitar Pantai Labuhan Amuk.

“Rawa Gerobokan Pantai Labuhan Amuk ini dipilih karena lokasinya yang bersebelahan dengan kantor PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Manggis serta potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Selain itu juga, kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina dalam menjaga lingkungannya agar tetap asri,” ujar IG Agus Sentanu Putra selaku Integrated Terminal Manager Pertamina Manggis.

Ke depannya, Agus mengatakan kegiatan ini akan disinergikan dengan program CSR Dewata Asri (Desa Wisata Seni Budaya dan Bahari) Desa Antiga yang sebelumnya sudah dilaksanakan. “Dengan demikian kegiatan ini akan menjadi program yang berkelanjutan untuk menciptakan Desa Wisata yang inklusif,” imbuhnya.

Program Dewata Asri merupakan salah satu program CSR yang berfokus pada pengembangan desa wisata di Desa Antiga. Pertamina yang menggandeng kelompok masyarakat, Pemerintah Desa Antiga dan Yayasan Konservasi Indonesia telah sepakat untuk bekerja sama mentransformasikan potensi yang ada di Desa Antiga mulai potensi bahari, seni budaya sampai ke panorama bukitnya yang indah menjadi paket wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan di Bali.

“Kegiatan seperti ini harus didukung oleh semua pihak. Kami dari Pemerintah Kecamatan Manggis sangat mengapresiasi kegiatan pelestarian yang diinisiasi oleh Pertamina ini,” ujar I Putu Agus Sumanhendra selaku Sekretaris Kecamatan Manggis mewakili Pemerintah Kecamatan Manggis.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini akan meningkatkan hubungan baik antara stakeholder di Kecamatan Manggis. “Selain itu pelestarian lingkungan rawa ini bukan hanya berdampak untuk lingkungan, tetapi juga akan berdampak juga untuk sosial-ekonomi masyarakat setempat jika dikembangkan secara berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara itu, Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Deden Mochammad Idhani menjelaskan pelaksanaan program CSR Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program CSR terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Kegiatan pelestarian lingkungan ini merupakan salah satu dari pilar program TJSL Pertamina, yaitu Pertamina Hijau. Selain Pertamina Hijau, Pertamina juga memiliki tiga pilar lainnya, Pertamina Sehat yang fokus pada kegiatan kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak, Pertamina Cerdas untuk kegiatan kependidikan dan Pertamina Berdikari untuk kegiatan kemasyarakatan,” ucap Deden. (LE-KR)

Lenteraesai.id