judul gambar
HeadlinesKlungkung

Berikan Edukasi PHBS, Himatika Unud Gelar Bakti Sosial di Desa Timuhun

Klungkung, LenteraEsai.id – Sebanyak lima puluhan lansia dan tujuh anak yatim piatu mengikuti kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas MIPA Universitas Udayana di wantilan di daerah Timuhun Klungkung, pada Sabtu (16/7).

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Unud, di mana pelaksanaannya kali ini memiliki konsep yang berbeda dari bakti sosial pada tahun-tahun sebelumnya.

Novia selaku ketua panitia bakti sosial menyatakan bahwa kegiatan ini mengusung konsep yang berbeda dari baksos pada umumnya. “Bedanya terletak pada adanya seminar kecil mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diselingi dengan games untuk memeriahkan acara,” ungkapnya.

Kegiatan ini turut mengundang salah seorang mahasiswa berprestasi kedokteran umum yakni Wira Abdi yang menyampaikan materi yang berfokus kepada perilaku hidup bersih di masa pandemi Covid-19. Materi edukasi yang diberikan meliputi cara membersihkan tangan saat hendak makan.

Acara baksos ini dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Perencanaan FK Unud, Gandhiadi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh mahasiswa berprestasi dan acara hiburan berupa games. Setelah itu dilakukan pembagian sembako secara simbolis oleh Ketua Panitia Novia, Sekretaris Hima Dwitari dan Kaprodi Ayu Srinadi kepada Kepala Desa Timuhun, dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada seluruh hadirin pada hari itu.

Kegiatan bakti sosial ini memiliki tujuan untuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kehidupan bermasyarakat, yaitu pengabdian kepada masyarakat, memberikan kontribusi yang manfaatnya dan bisa dirasakan secara langsung oleh daerah/masyarakat yang membutuhkan, meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Udayana dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat.

Pada saat pembagian sembako kepada para lansia dan anak-anak yang berada di Desa Timuhun, terlihat raut wajah yang bahagia setelah mereka menerima sembako. Sehingga sesuai dengan tema bakti sosial tahun ini yaitu ‘Tumbuhkan Kepedulian Untuk Berbagi Kebahagiaan’.  (LE-KL)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id