judul gambar
BadungHeadlines

FMIPA Unud Gelar Sosialisasi dan Workshop Pembuatan Berita

Badung, LenteraEsai.id – Fakultas MIPA Universitas Udayana (Unud) menggelar Sosialisasi Updating Web dan Workshop bertajuk Menjadi Content Creator Berita, pada Kamis (14/7) bertempat di Ruang Sidang FMIPA Unud di Bukit Jimbaran, Badung.

Turut hadir sebagai narasumber Ketua UPIKS FMIPA Unud Agus Muliantara SKom MKom, didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Drs GK Gandhiadi MT, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr Drs I Made Sukadana MSi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Prof Ni Nyoman Rupiasih SSi MSi, Kepala Tata Usaha Ir Made Arini, seluruh Koordinator Program Studi, dan perwakilan mahasiswa dari BEM, BPM, serta Himpunan Mahasiswa di lingkungan FMIPA Unud.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan dan menginformasikan seluruh kegiatan, prestasi, dan segala hal yang terkait dengan FMIPA, sehingga FMIPA Unud dapat lebih dikenal.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Prof Dr Ni Nyoman Rupiasih SSi MSi dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak sehingga kegiatan dapat dilaksanakan tepat waktu.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi penyampaian informasi dan peningkatan jumlah berita resmi ke khalayak ramai sehingga segala prestasi maupun potensi FMIPA semakin dikenal oleh masyarakat,” ungkap Wakil Dekan.

Dalam paparannya, Agus Muliantara SKom MKom mengamini apa yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi. Peningkatan kualitas dan kuantitas berita di FMIPA dipandang memerlukan kerja sama semua pihak, dengan program studi terutamanya dari himpunan mahasiswa sehingga konten FMIPA dapat makin berkualitas dan makin banyak. Tugas perwakilan ini yang nantinya akan menjadi tim reportase dan membuat berita yang baik dan benar.

“Contoh yang bisa kita ambil adalah: keuunggulan prodi, keunggulan sarana dan prasaran, opini, dan human interest. Sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik semua pihak untuk mengunjungi Web dan media sosial kita di FMIPA Unud,” ujarnya.

Dalam paparannya, Muliantara turut menyampaikan dan menjelaskan enam unsur penting dalam berita yakni What, When, Where, Who, Why dan How (5W+1H).

Muliantara tidak lupa menyampaikan terima kasih atas dukungan dari fakultas, program studi, dan perwakilan mahasiswa atas kesediaannya ikut menjadi tulang punggung pemberitaan di FMIPA. Harapan Muliantara selain meningkatnya teknik menyusun berita, juga mampunya tiap komponen berkolaborasi dalam menyusun berita di setiap kegiatan sesuai SOP pemberitaan di FMIPA yang telah disampaikan.

Selepas penyamapian materi, Muliantara lanjutkan dengan latihan membuat berita yang diapresiasi dengan pemberian door prize bagi berita terbaik. Latihan penulisan berita terbaik ini dimenangkan oleh Michelle Angelina Sharon, selaku perwakilan dari Hima Biologi FMIPA Unud.

Arahan Dekan FMIPA di akhir acara menyampaikan terima kasih atas segala upaya yang dilakukan oleh WD3, UPIKS, maupun seluruh tim di FMIPA untuk meningkatkan kualitas pemberitaan. “Sangat penting sekali di era informasi ini kita memberikan informasi di web dan media sosial, sehingga semua berita menjadi akurat, baik, dan tentunya dapat menarik peminat untuk kuliah di FMIPA,” imbuhnya, menegaskan.

Dekan berharap seluruh tim dapat aktif membuat berita berita yang baik untuk kemajuan FMIPA dan Universitas Udayana. (LE-BD)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id