judul gambar
DenpasarHeadlines

Mahasiswa PSMIE FEB Unud Gelar Diskusi Tentang Penelitian

Denpasar, LenteraEsai.id – Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (PSMIE FEB Unud), Ni Made Itarini menggelar diskusi terkait penelitiannya melalui Ruang Diskusi Ekonomi (RDE) secara daring pada Sabtu (4/6).

Kali ini, RDE mendiskusikan tema ketenagakerjaan selama pandemi. Selama kurun waktu 2019-2020 telah terjadi gelombang angkatan kerja yang kehilangan pekerjaan secara masif.

Data Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) juga menunjukkan penurunan selama pandemi, sebagian besar karena menurunnya pendapatan.

“Terlepas dari berbagai setrategi mitigasi oleh pemerintah, mengetahui bagaimana angkatan kerja yang kehilangan pekerjaan bertahan dengan memberdayakan pilihan-pilihan sumberdaya yang ada padanya penting untuk diketahui,” tulis Itarini dalam keterangannya.

Dalam kertas kerjanya, Itarini mendata 203 responden di Kabupaten Gianyar untuk meneliti mengenai berbagai faktor endowment seperti kesehatan, kreativitas dan jaringan (network) dalam menentukan tetap produktifnya angkatan kerja yang kehilangan pekerjaan ini.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya memelihara faktor endowment dapat membuat para pekerja yang kehilangan pekerjaan bertahan di masa sulit seperti ini,” ujar Itarini. (LE-DP)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Lenteraesai.id