judul gambar
HeadlinesKarangasem

Warga Ramai Kunjungi Sumber Air Keramat di Pengelukatan Gook Sesapi – Desa Duda

Karangasem, LenteraEsai.id – Setelah satu bulan dibuka untuk umum, Pengelukatan Pancaka Tirta Gook Sesapi yang terdapat di Dusun Jangu Desa Duda (secara adat berada di wilayah Desa Adat Duda), Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, mulai ramai dikunjungi warga baik lokal maupun dari luar desa.

Misalnya, saat Banyu Pinaruh beberapa hari lalu, tidak kurang dari 800 orang pemedek berbondong-bondong datang, yang tidak hanya dari Duda sendiri atau beberapa daerah lain di sekitarnya, tertapi juga ada yang dari luar Kabupaten Karangasem.

Bendesa Desa Adat Duda I Komang Sujana yang juga sebagai Ketua MDA Kecamatan Selat ketika ditemui pada Minggu (24/4/2022) di Pengelukatan Pancaka Tirta Gook Sesapi Desa Duda mengatakan, sejak 4 bulan lalu, lokasi ini sudah siap menjadi tempat kunjungan warga, khususnya bagi yang ingin melakukan lelaku spiritual sehubungan keberadaan sumber air keramat.

“Kami berusaha melengkapi fasilitas di tempat penglukatan. Walau sebenarnya sejak dulu memang dijadikan tempat melukat, tetapi ketika dibuka secara luas, maka dalam pengembangan harus difasilitasi lebih memadai sehingga representatif untuk melukat,” ujarnya.

Masyarakat yang datang, biasanya mulai dari pukul 05.00 Wita yang berasal dari krama lokal maupun luar desa. Selain untuk melakukan ritual melukat, sehari-harinya banyak pula warga lokal bahkan luar Karangasem yang berkunjung ke Gook Sesapi untuk menikmati panorama yang indah.

“Tidak jarang ada yang ingin membuktikan, karena sebelumnya sudah viral di media sosial, mereka lantas mengunjungi ingin tahu seperti apa keadaannya. Setelah berkunjung, rata-rata warga menyatakan puas karena keindahan pemandangan, serta didukung ada tempat bermain anak-anak,” ujarnya, menjelaskan.

Pengelola juga berusaha maksimal untuk menjaga kebersihan dan kesucian wilayah Gook Sesapi. “Jro Mangku juga siap melayani. Ke depannya, kami akan siapkan fasilitas tempat penitipan barang, kemudian warung online. Selanjutnya ketika sudah dikunjungi banyak orang, masyarakat dikhawatirkan akan banyak membuat warung, sehingga tentunya mengurangi kenyamanan tamu. Maka dari itu, Pokdarwis yang akan mengelola warung online,” kata Komang Sujana.

Dijelaskan, warung online nantinya menyiapkan dagangan, berupa minuman dan jus. “Kuliner khas di sini juga disediakan, seperti tipat pecel base klengis. Harganya terbilang murah. Kisaran harga Rp 15.000 plus minum,” ucapnya.

Untuk warung online ini, yang diutamakan kerja sama dengan warung di masyarakat setempat. “Kalau mie, kopi kami bisa siapkan. Kalau mau order makanan lain, kami siapkan menunya, kita tinggal order dan panggil, sehingga terlayani dengan baik,” ujarnya membeberkan cara pesan penganan online tersebut.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir atau berkunjung ke Gook Sesapi. “Terutama krama lokal yang memanfaatkan tempat melukat,” ujarnya.

Untuk pembagian keuntungan, akan dipikirkan kemudian. “Sementara masih free, belum dikenakan apa-apa,” ujar Komang Sujana yang juga seorang guru sekolah dasar di desanya.

Semetara itu, Perbekel Desa Duda I Gusti Agung Putra mengatakan, Pengelukatan Gook Sesapi memiliki panorama aliran sungai, sumber air yang diyakini keramat serta jernih, yang dipadukan dengan terasering sawah yang membentang.

“Hal inilah yang menjadi nilai jual yang sangat bagus bagi wisatawan. Selain sejuk dan alami, wisatawan juga bisa melihat pemandangan bukit dipadukan dengan persawahan,” ujar Gung Giri selaku Perbekel Desa Duda, menyampaikan. (LE-Suara)

Lenteraesai.id