HeadlinesJembrana

FK Unud Laksanakan Pelayanan KB Gratis di Jembrana

Jembrana, LenteraEsai.id – BKKBN Provinsi Bali dan OPD KB Kabupaten Jembrana menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) melaksanakan Bakti Sosial Pelayanan KB gratis bagi masyarakat di tiga lokasi Kabupaten Jembrana.

Kegiatan yang dilakukan pada awal bulan April lalu itu, dimaksudkan guna meningkatkan jumlah tenaga kesehatan pelayanan KB dan KR yang terstandarisasi/kompeten, terjangkau dan berkualitas. Untuk itu, perlu dilaksanakan Pre Service Training Pelayanan KB mahasiswa kedokteran, yang juga merupakan tindak lanjut dari kuliah umum dan praktik manekin yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan bakti sosial ini diadakan di tiga lokasi yaitu Desa Loloan Timur, Desa Sanggar Agung dan Desa Yeh Kuning, Kabupaten Jembrana dengan jumlah akseptor yang dilayani sebanyak 45 orang berupa pelayanan IUD 7 orang dan pelayanan Implan sebanyak 38 orang. Kegiatan bakti sosial ini kembali dilaksanakan tanggal 12 dan 18 April 2022.

Acara dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FK Unud Dr dr I Gede Eka Wiratnaya SpOT (K), yang pada kesempatan itu mewakili Dekan FK Unud. Ia menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, karena sangat penting bagi akademisi dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini pula diharapkan dapat meningkatkan kompotensi mahasiswa kedokteran dan berharap dapat diagendakan secara rutin serta berkesinambungan, sehingga akan memperbanyak bentuk pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini akan membantu meningkatkan kompetensi mahasiswa kedokteran, sehingga ke depannya mereka akan siap terjun dan bertugas di masyarakat,” ujar Dr Eka Wiratnaya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala BKKBN Provinsi Bali dr Ni Luh Gede Sukardiasih MFor MARS, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Jembrana Ni Kade Ari Sugianti SPd MPd, Koordinator Program Studi Sarjana Kedokteran dr I Wayan Sumardika SKed MMed Ed PhD, Lurah Loloan Timur Ida Bagus Komang Wibawa Manuaba AP dan dokter muda yang sudah selesai siklus sebanyak 80 orang serta residen Obstetri dan Ginekologi sebanyak 3 orang.  (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id