judul gambar
DenpasarHeadlines

Tim Asesor LAM PT-Kes Lakukan Asesmen Lapangan Akreditas Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam FK Unud

Denpasar, LentaraEsai.id – Tim Asesor LAM PT-Kes lakukan asesmen lapangan pada Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam rangka akreditasi. Pembukaan asesmen dilaksanakan di Ruang Pertemuan dr AA Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar, Rabu (23/3/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor Unud, Ketua LP3M, Ketua USDI, Kepala UPT Perpustakaan, Dirut RSUP Sanglah, Dekan FK Unud dan jajaran beserta Kooprodi, Guru Besar dan undangan lainnya.

Adapun Tim Asesor yang hadir yakni Dr dr Mohammad Rizki Akbar MKes SpJP(K) FIHA FAsCC dan dr Aditiawati SpA(K). Asemen lapangan berlangsung selama dua hari 23-24 Maret 2022.

Dekan FK Unud Dr Komang Januartha Putra Pinatih dalam sambutannya menyampaikan sebagai institusi pendidikan tentunya Prodi telah menetapkan visi misi dan memiliki standar untuk mencapainya. Di samping itu juga dibutuhkan sebuah sistem penjaminan mutu untuk mengawal bahwa seluruh prosesnya terlaksana dengan baik. Saat ini sudah ada evaluasi internal, namun juga dibutuhkan dari pihak eksternal untuk menemukan celah dan memberikan masukan untuk perbaikan menjadi lebih baik.

Dekan mengharapkan potret yang dilakukan asesor lebih objektif sehingga mendapat masukan yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan. Akreditasi bukan sebagai hasil akhir, namun sebagai pemicu bagaimana melakukan penjaminan mutu secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu budaya mutu. Dekan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi dan berharap meraih hasil terbaik mengingat Prodi ini digadang-gadang melangkah ke akreditasi internasional.

Sementara Rektor Unud Prof I Nyoman Gde Antara dalam kesempatan tersebut menyampaikan sekilas keberadaan Unud, di mana 70 persen Prodi terakreditasi A dan diarahkan ke akreditasi Unggul. Di FK sendiri terdapat 33 Prodi dan Rektor berharap banyak pada FK serta telah sering berdiskusi dengan Dekan untuk mengembangkan Prodi, salah satunya terkait akreditasi untuk menuju ke akreditasi internasional. Di FK juga akan dibentuk Prodi baru. Dalam penerimaan mahasiswa baru persaingan sangat ketat mengingat minat masyarakat pada Prodi luar biasa.

Lebih lanjut Rektor menginformasikan sistem penjaminan mutu di Unud yang dikawal oleh LP3M, sistem informasi oleh USDI, pengembangan sarana prasarana penunjang seperti UPT Perpustakaan yang dikembangkan berbasis digital dan juga telah berlangganan jurnal Sciencedirect, pembangunan infrastruktur seperti Dekanat baru, RSGM, Asrama Mahasiswa dan Hotel. Rektor berkomitmen untuk memberdayakan aset untuk meningkatkan pemasukan universitas dan juga menuju PTN BH. Rektor Unud mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan asesmen ini dan Tim Asesor serta berharap meraih hasil sesuai harapan.

Perwakilan Tim Asesor Dr Mohammad Rizki Akbar menyampaikan bahwa pihaknya sebagai utusan LAM PT-Kes telah melakukan evaluasi secara daring tahun lalu dan tentunya kali ini untuk menuntaskan dengan melakukan asesmen luring yang baru bisa dilakukan saat ini. Akreditasi ini untuk meyakinkan semua Prodi dapat menjalankan budaya mutu dengan baik. Dalam asesmen ini dapat dilihat Prodi sudah menyiapkan dengan baik dan juga mendapatkan dukungan luar biasa dari Guru Besar. Ini memberikan gambaran secara jelas kekompakan yang dimiliki. Pihaknya berharap proses ini berjalan lancar dan hasil yang diperoleh maksimal.

Dalam pembukaan juga dilakukan pemutaran video Tari Prodi yakni Lambang Mahameru dan Lagu Mars yang merupakan hasil karya civitas akademika di Prodi serta pemutaran video Profil Prodi. (www.unud.ac.id)

Lenteraesai.id