judul gambar
HeadlinesKarangasem

Sambut Hari Kasih Sayang, DPK Peradah Indonesia Karangasem Gelar Aksi Donor Darah

Karangasem, LenteraEsai.id – Untuk menyambut hari kasih sayang, Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPK Peradah Indonesia) Karangasem melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan aksi donor darah dengan tema ‘Kita sehat mereka selamat’.

Beberapa pihak yang ikut terlibat dalam aksi donor darah tersebut yang juga bertepatan dengan tahun baru Imlek, di antaranya PC KMHDI Karangasem, Sekaa Teruna, BEM STKIP Agama Hindu Amlapura, BEM Mediterranean Karangasem, Taruna Praja Karangasem, PHRI Karangasem, Yayasan Kesatria Keris Bali Karangasem dan masyarakat umum yang dilaksanakan di Warung Batas Kota, Amlapura, Selasa (1/2/2022).

Ketua Panitia Donor Darah I Wayan Subawa mengatakan, awalnya jumlah peserta yang mendaftarkan diri untuk melakukan donor darah mencapai 50 orang, namun dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sebelum melakukan donor hanya 40 orang pendonor yang dapat mendonorkan darahnya. 

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi beberapa pendonor sehingga tidak bisa mendonorkan darahnya seperti kondisi fisik yang kurang fit dan juga ada faktor yang lainnya juga,” kata Wayan Subawa.

Meskipun ada beberapa yang gagal mendonorkan darahnya, Wayan Subawa tetap mengucapkan terima kasih kepada para peserta donor darah yang sudah ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan dalam membantu masyarakat akan kebutuhan darah.

Sedangkan Ketua DPK Peradah Indonesia Karangasem I Gede Jaya Wisuddha Prathama menjelaskan, dalam kegiatan donor darah kali ini pihaknya sengaja menggandeng kalangan anak muda khususnya sekaa teruna-teruni karena mereka adalah generasi yang akan melanjutkan perjuangan nantinya, sehingga pihaknya ingin menanamkan hal-hal yang positif terhadap generasi muda khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem untuk bersama-sama melangkah ke depan.

“Untuk setiap kegiatan yang akan kami lakukan ke depannya, kami akan terus melibatkan sekaa teruna-teruni untuk ikut serta mengambil peran dalam setiap kegiatan kemanusian maupun kegiatan yang lainnya,” kata Jaya Wisuddha.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Karangasem AA Harry Wijaya juga mengucapkan terima kasih kepada Peradah Indonesia Karangasem yang sudah berinisiatif dalam aksi kegiatan donor darah tersebut sehingga pasokan darah di PMI Karangasem semakin bertambah.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan jumlah sukarelawan pendonor dalam menjaga pasokan darah di PMI khususnya yang ada di Karangasem, karena pasokan darah sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini,” kata Harry Wijaya.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id