judul gambar
HeadlinesKarangasem

Diduga Tak Sesuai Dresta Bali, Pengempon Pura Pasar Agung Harap Patung Segera Diprelina

Karangasem, LenteraEsai.id – Pihak pengempon Pura Pasar Agung, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem menggelar rapat sehubungan keberadaan patung yang viral di media sosial karena didirikan tanpa izin di kawasan Pura Telaga Mas. Selain itu, patung itu juga diduga tidak sesuai dengan dresta adat Bali.

Pada rapat yang digelar hari Minggu (30/01/2022) ini, diikuti oleh seluruh pengempon Pura Pasar Agung, MDA Kecamatan Selat, Bendesa Adat Sogra dan beberapa pihak lainnya. Selain itu, hadir pula beberapa perwakilan dari pemasang patung tersebut.

Bagian Humas Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa inti dari rapat adalah mengenai pemasangan Patung Lingga Siwa yang dipasang oleh Jro Mangku Merta Mas Semeru dan rombongan kurang lebih sebanyak 70 orang. Patung yang didirikan di kawasan Pura Telaga Mas Pura Pasar Agung itu dinyatakan telah melanggar kesucian pura.

Hal ini dikarenakan kawasan di atas pura Pasar Agung merupakan kawasan suci sesuai purana Pura Pasar Agung, sehingga tidak diperkenankan meletakkan atau memasang patung dan sejenisnya tanpa seizin pengempon dan penglingsir Pura Pasar Agung.

 “Jadi kesimpulannya bahwa pemasangan patung tersebut menyalahi aturan dan telah melanggar kesucian kawasan Pura Pasar Agung. Selain itu, patung itu pun tidak sesuai dengan dresta adat Bali,” kata Suara Arsana.

Jadi karena menyalahi aturan dan melanggar kesucian Pura Pasar Agung, maka kepada pihak pemasang patung tersebut agar segera membongkar atau memprelina patung tersebut.

Selain itu, kepada pihak pemasang patung tersebut juga diwajibkan untuk ngaturang upacara Guru Piduka dan Bendu Piduka, serta harus membuat surat hitam di atas putih untuk tidak mengulangi lagi perbuatan yang sama.

“Selain itu, kepada pihak pemasang patung tersebut juga harus meminta maaf kepada seluruh umat Hindu atas kesalahannya dalam memasang patung tersebut,” ujar Suara Arsana. 

Sementara itu, perwakilan dari pihak pemasang patung Lingga Siwa di Kawasan Pura Pasar Agung dalam rapat tersebut mengatakan bahwa pihaknya sepenuhnya memohon maaf kepada semua pihak karena telah memasang patung tersebut secara diam-diam dan pihaknya juga akan segera melaksanakan pembongkaran patung tersebut serta melakukan upacara Guru Piduka di Pura Pasar Agung. (LE-Jun)

Lenteraesai.id