judul gambar
HeadlinesKarangasem

Tersangka Narkoba yang Ditangkap Polres Karangasem Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara dan Denda Rp10 Miliar

Karangasem, LenteraEsai.id – Satuan Reserse Narkoba Polres Karangasem berhasil mengungkap 7 tersangka pelaku narkoba. Di mana 5 kasus diungkap di wilayah Karangasem dan 2 kasus di wilayah Legian, Kuta, Badung.

Ketujuh tersangka tersebut memiliki peran yang berbeda ada yang sebagai pengedar, pengguna dan ada yang diduga kuat merupakan bandar narkotika jenis sabu-sabu.

Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna, mengatakan dari 7 tersangka tersebut yang diduga kuat sebagai bandar akan disangkakan pasal 114 ayat (2) UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun serta denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar.

Sedangkan untuk tersangka yang hanya menguasai atau menggunakan narkotika golongan 1 akan disangkakan pasal 112 ayat (1) subsider  pasal 127 ayat (1) huruf a UURI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp800 juta dan paling banyak Rp8 miliar.

“Pengungkapan 7 kasus ini adalah warning dari kami kepada siapa saja yang melakukan kejahatan narkoba di wilayah Karangasem, kami akan tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata AKBP Ricko Taruna yang juga didampingi juga oleh Wakapolres Karangasem Kompol I Dewa Gede Anom Danujaya dan Kasat Narkoba Polres Karangasem Dewa Gede Oka, Kamis (27/1/2022).

AKBP Ricko Taruna juga mengatakan bahwa kejahatan narkotika merupakan kejahatan yang membutuhkan penanganan yang serius dan menjadi prioritas, oleh sebab itu pihaknya berharap seluruh komponen masyarakat terutama di wilayah Kabupaten Karangasem agar berperan aktif untuk mencegah dan memberantas segala bentuk kejahatan narkoba.

“Mari kita bersama-sama untuk perangi narkotika untuk melindungi dan menyelamatkan generasi muda terutama yang ada di Kabupaten Karangasem, jadi jika menemukan ada masyarakat yang diduga menyalahgunakan barang tersebut jangan segan-segan untuk melapor,” kata AKBP Ricko Taruna. (LE-Jun)

Lenteraesai.id