judul gambar
HeadlinesKarangasem

Nyatakan Mosi Tak Percaya Prajuru, Warga Desa Adat Liligundi Kembali Demo di Depan Pura Desa

Karangasem, LenteraEsai.id – Warga Desa Adat Liligundi, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem kembali melakukan aksi demo pada Kamis (20/1/2022) terkait pemilihan prajuru adat di desa tersebut yang dinilai tak sesuai aturan.

Permasalahan ini sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu, tapi sampai saat ini sepertinya masih belum menemukan titik terang sehingga membuat warga kembali melakukan aksi demo, yang kali ini dilakukan di depan pura desa setempat.

I Komang Wenten, salah seorang warga Desa Adat Liligundi, mengatakan bahwa aksi demo yang dilakukan oleh warga di desanya karena mereka merasa sangat kecewa terkait dengan pemilihan prajuru.

“Sebenarnya masalah ini sudah selesai seharusnya, tapi ketika panitia membuat perarem justru prajuru desa tidak mau menerima dengan alasan yang tidak masuk akal. Itulah yang memancing masyarakat menjadi panas seperti saat ini,” kata Komang Wenten.

Komang Wenten juga menyebutkan bahwa prajuru desa sengaja terus mengulur-ulur waktu dengan alasan yang tidak jelas, sehingga membuat masyarakat berkumpul untuk menyatakan mosi tidak percaya lagi terhadap kepemimpinan prajuru desa yang telah melakukan sejumlah pelanggaran yang cukup menyakiti masyarakat.

“Buktinya saat ada undangan tutur katanya tidak sopan yang membuat hati masyarakat sedih. Selain itu, masa bakti prajuru desa seharusnya sudah berakhir pada tahun 2018 yang lalu, tapi dengan berbagai alasan yang tidak jelas, mereka memperpanjang sendiri tanpa adanya musyawarah dengan masyarakat,” katanya.

Hal itulah yang membuat masyarakat turun ke jalan untuk menyatakan sikap untuk tidak lagi percaya terhadap prajuru desa yang sewenang-wenang. “Intinya langkah-langkah ini kita lakukan karena sudah lelah  ikuti alur harus begini harus begitu, akan terus harus seperti ini akan membuang waktu dan tenaga yang lebih banyak lagi, jadi hari ini kita menyatakan sikap,” kata Komang Wenten. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id