judul gambar
DenpasarHeadlines

Larang Berjualan di Trotoar, Kelurahan Ubung Tertibkan Pedagang

Denpasar, LenteraEsai.id – Badan jalan dan trotoar kadang kala nampak semrawut, dipenuhi sejumlah pedagang yang menjajakan berbagai macam produk.

Demi meningkatkan ketertiban, keamanan serta kenyamanan dalam situasi pandemi Covid-19, aparatur Kelurahan Ubung melaksanakan penertiban dengan menyasar para pedagang PKL dan pedagang bermobil yang berjualan di badan jalan dan di atas trotoar.

Kegiatan tersebut antara lain tampak dilakukan di Jalan Cargo Kelurahan Ubung, Kota Denpasar pada Senin, 17 Januari 2022.

Lurah Ubung I Wayan Ariyanta saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan bersama Linmas dengan menyasar para pedagang kaki lima serta pedagang lainnya yang menggunakan trotoar atau badan jalan sebagai tempat berjualan.

“Para PKL ini kami berikan imbauan dan edukasi serta pembinaan langsung terkait larangan berjualan dengan menggunakan badan jalan, karena melanggar Perda Nomor 1 tahun 2015 tentang Ketertiban Umum, di mana dalam Perda tersebut dinyatakan bahwa larangan berjualan di atas trotoar, badan jalan, dan bantaran sungai,” ujar Ariyanta.

Selain itu, menurutnya, para pedagang yang menggunakan badan jalan dan trotoar sangat menggangu para pejalan kaki dan ketertiban lalu lintas. “Kami berharap dengan diberikannya imbauan ini para pedagang tidak lagi menggunakan badan jalan, dan ke depannya para pedagang serta masyarakat lainnya dapat bersinergi guna menciptakan Denpasar bersih, aman dan lestari,” kata Ariyanta, menjelaskan. (LE-DP)

Lenteraesai.id