HeadlinesKarangasem

UMK Karangasem Tahun 2022 Hanya Naik Sebesar 1 Rupiah Saja

Karangasem, LenteraEsai.id – Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karangasem untuk tahun 2022 dipastikan hanya mengalami kenaikan sebesar 1 rupiah saja, yang awalnya sebesar Rp2.555.469 per bulan menjadi Rp2.555.470 per bulan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karangasem I Nyoman Suradnya, saat dikonfirmasi, Kamis (25)11/2021) mengatakan, kenaikan UMK yang nyaris tidak ada peningkatan itu telah disepakati antara serikat pekerja dengan Dewan Pengupahan Kabupaten beberapa hari yang lalu.

“Kenaikan satu rupiah tersebut sudah sesuai dengan hasil kajian dan rumusan, mengingat saat ini masih dalam proses pemulihan ekonomi yang belum stabil akibat pandemi Covid-19,” kata Nyoman Suradnya, menjelaskan.

Kadis Suradnya mengungkapkan, sebenarnya saat pembahasan tentang hal itu sempat berlangsung cukup alot, karena dari asosiasi pengusaha mengusulkan agar UMK mengalami penurunan, tapi dari serikat pekerja menginginkan UMK mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

“Tapi, akhirnya disepakati bahwa UMK untuk tahun depan tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan, karena hanya naik satu rupiah saja,” ujarnya.

Keputusan itu diambil karena saat ini sebagian besar perusahaan di Karangasem masih dalam proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Seandainya dinaikan, lanjut dia, pihaknya khawatir perusahaan tidak bisa memenuhi kewajiban tersebut, tapi jika diturunkan, juga dikhawatirkan para pekerja tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka.

“Jadi sungguh dilematis,” kata Kadis Suradnya sembari menambahkan bahwa penetapan UMK untuk tahun 2022 sudah tepat, karena sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id