HeadlinesKarangasem

Pascagempa M=4.8, TNI Terus Benahi Saluran Pipa Air yang Jebol di Desa Ban Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Akibat gempa M=4,8 yang mengguncang Kabupaten Karangasem pada Sabtu (16/10/2021), telah membuat sebagian besar rumah penduduk di wilayah Desa Ban, Kecamatan Kubu rusak dan porak-poranda.

Selain itu, bencana juga telah membuat seorang balita di Desa Ban tewas tertindih bangunan yang roboh, serta beberapa warga lainnya mengalami luka-luka berat dan ringan. Demikain hasil pemantauan dari lokasi kejadian pada Selasa (19/10)

Akibat gempa bumi itu juga, cubang air milik masyarakat yang digunakan sebagai tempat penampungan air untuk persediaan di musim kemarau, dilaporkan mengalami pergeseran dan pecah, sehingga air merembes kemudian sirna dari tempatnya. Demikian pula pipa saluran air milik penduduk tak luput dari kerusakan.

Terkait dengan hal itu, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Selasa (19/10/2021) memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan perbaikan pipa saluran air yang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa bumi yang cukup kuat pada Sabtu lalu.

“Dari informasi yang kita terima, ada banyak pipa saluran air yang mengalami kerusakan, sehingga tidak sedikit warga Desa Ban yang kini kesulitan mendapatkan air bersih. Melihat itu, kita terjunkan personel untuk segera melakukan perbaikan,” kata Letkol Inf Bima Santosa, menegaskan.

Selain melakukan perbaikan saluran pipa air yang rusak, beberapa personel yang lain juga melakukan pembersihan material longsoran yang menutup badan jalan dan juga membersihkan puing-puing material rumah warga yang hancur pascagempa.

Hal tersebut dilakukan guna menjalankan amanat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Karangasem Nomor 328/HK/2021 untuk Status Tanggap Darurat Bencana Desa Ban selama tujuh hari, mulai dari kejadian pada Sabtu (16/10/2021) sampai dengan Jumat (22/10/2021).

“Sedangkan untuk hari ini kita juga ada bantuan personel dari TNI AL untuk melaksanakan perbaikan dan pembersihan yang ada di beberapa titik, yaitu di Dusun Daya, Dusun Cegi, Dusun Manik Aji dan Dusun Jatituhu, Desa Ban,” kata Letkol Inf Bima Santosa, mengungkapkan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id