HeadlinesKarangasem

KMHDI Karangasem Galang Dana untuk Korban Gempa di Desa Ban

Karangasem, LenteraEsai.id – Pascabencana gempa bumi M=4,8 yang mengguncang Kabupaten Karangasem pada Sabtu (16/10/2021), membuat sebagian besar rumah dan tempat ibadah hancur serta beberapa warga juga mengalami luka-luka bahkan satu korban dinyatakan meninggal dunia akibat tertimbun reruntuhan rumah.

Kejadian itu juga telah mengakibatkan sabagian warga masyarakat di Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem terpaksa mengungsi ke rumah kolega atau tempat yang sudah disiapkan pemerintah, karena rumah mereka hancur dan tidak bisa untuk ditempati lagi.

Menyikapi hal tersebut, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Karangasem tergerak hatinya untuk datang ke lokasi kejadian guna sekedar memberikan support dan juga membantu warga yang terdampak musibah.

Bersama dengan anggota TNI dan juga sejumlah relawan, puluhan anggota PC KMHDI Karangasem melakukan aksi gotong royong membersihkan material longsoran tanah yang menutupi jalan di Banjar Dinas Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem pada Minggu (17/10).

Ketua PC KMHDI Karangasem Putri Cahyaningsih saat dikonfirmasi mengatakan, melihat dampak dari gempa yang mengguncang tersebut, pihaknya kini bergerak untuk ikut membantu masyarakat yang terdampak dalam situasi sulit seperti saat ini.

“Kami akan selalu berusaha untuk melakukan segala hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain melakukan aksi gotong royong untuk membersihkan material longsoran, kami juga ikut melakukan packing serta menyalurkan logistik ke rumah warga korban bencana,” kata Putri Cahyaningsih. 

Selain itu, PC KMHDI Karangasem juga melakukan aksi penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan secara langsung kepada para korban yang tertimpa musibah bencana gempa bumi.

“Sampai saat ini, donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp8,5 juta dan kemungkinan akan terus bertambah nantinya. Selain bantuan uang kami juga menerima bantuan dalam bentuk barang seperti beras, selimut, mie instan, pakaian dan lain sebagainya yang memang cukup dibutuhkan oleh para korban saat ini,” kata Putri Cahyaningsih.

Putri Cahyaningsih juga berharap para korban tetap ikhlas dan tabah dalam menghadapi musibah yang terjadi saat ini. Pihaknya meminta warga tetap bersemangat dan berdoa untuk menjalani hidup ke depannya, karena jalan kehidupan adalah kuasa Tuhan. 

Selain itu, ia juga berharap untuk para pemuda pemudi, komunitas dan juga organisasi yang ada di Karangasem untuk ikut bersama-sama bergerak bergotong royong membantu meringankan beban masyarakat yang saat ini tertimpa musibah.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id