judul gambar
HeadlinesNasional

Sambut HUT RI, TNI di Perbatasan RI-PNG Gembleng Puluhan Siswa Berlatih Paskibra

Jayapura, LenteraEsai.id – Sebanyak 20 siswa di wilayah Jayapura mendapat pelatihan Paskibra, dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Ramil Tami melatih anak sekolah dalam rangka upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Skouw Distrik Muara Tami Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kompi Tempur (Dankipur) D Lettu Inf Jinopen Arman pada saat melatihkan Paskibra di Skouw, Distrik Muara Tami Jayapura, Jumat (13/8/2021).

Dankipur D mengungkapkan, proses pelatihan dipusatkan di Kantor Distrik Muara Tami dan dibimbing sejumlah personel Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Ramil Tami. Total ada 20 orang yang mengikuti latihan Paskibra yang berasal dari sekolah SMK 7 Muara Tami, SMA 6 Muara Tami dan MAN Koya.

“Materi yang kami berikan adalah gerakan dasar dulu. Gerakan dasar itu artinya PBB di tempat, gerakan PBB berjalan. Gerakan PBB di tempat itu banyak rangkaiannya, yaitu sikap sempurna, jalan di tempat, penghormatan dan lain sebagainya,” ujar Dankipur D.

Selain gerakan PBB di tempat ada juga gerakan berjalan. Di sini pelatih akan melatih gerakan mulai dari ayunan tangan hingga langkah kaki anggota Paskibra terlihat indah saat mengibarkan Bendera Merah Putih.

Pelatih juga memfokuskan kekompakan peserta Paskibra saat latihan. Setiap ego yang ada di dalam diri peserta harus dihilangkan, katanya.

Kadistrik Muara Tami Mardiana Sinaga menambahkan, selama berlatih dalam beberapa hari ini, pihaknya melihat sudah banyak perubahan. “Saya yakin dengan waktu yang ada ke depan anak-anak akan mampu melaksanakan tugas mereka dan mudah-mudahan tidak ada hambatan menuju 17 Agustus. Doakan agar acara berlangsung sukses,” ucapnya. (LE-JP)

Lenteraesai.id