judul gambar
BadungHeadlines

Terlilit Hutang, Jihanz Congkel Rumah di 30 TKP, Diringkus di Mambal Badung

Badung, LenteraEsai.id – Tim Opsnal Polsek Abiansemal yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu I Wayan Widastra SH berhasil membekuk tersangka pelaku aksi pencurian, Jihanz (36), penduduk asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Jihanz yang telah beraksi pada sedikitnya 30 tempat kejadian perkara (TKP) itu, diringkus petugas di depan Pura Desa Pasar Mambal, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Penduduk Banyuwangi yang terlahir di Singaraja dan belakangan ini kos di belakang Kantor Imigrasi di Jimbaran, Kabupaten Badung itu, sempat lolos dari kejaran polisi saat dia ditemukan melintas di Jalan Raya Jagapati, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal belum lama ini.

Namun demikian, penjahat yang tergolong licin dan nekat itu akirnya berhasil diringkus pihak Polsek Abansemal tanpa dengan melakukan perlawanan.

Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Susanto menyebutkan, penangkapan terhadap pelaku berawal dari adanya laporan I Made Tapa Wirata (57), seorang penjaga SDN 2 Jagapati, Abiansemal. Ia mengaku saat membersihkan sekolah melihat ada 3 unit laptop dalam tas yang diletakkan di depan sekolah di luar pagar.

Selain itu, di dalam sekolah di sebelah Pelinggih Padmasana juga terdapat lagi 1 unit laptop. Ketika dicek ke dalam ruangan guru, Made Merta melihat ada bekas congkelan di jendela. Merasa curiga, ia kemudian melaporkan ke Polsek Abiansemal.

Atas laporan tersebut, Kapolsek Kompol Ruli Susanto langsung memerintahkan Kanit Reskrim Iptu I Wayan Widastra dan Panit Ipda Dewa Made Astawa SH, terjun bersama Tim Opsnal melakukan penyelidikan dan menangkap pelakunya.

“Dari hasil penyelidikan, petunjuk mengarah kepada Jihanz yang kemudian berhasil ditangkap di depan Pura Desa Pasar Mambal, Desa Mambal pada Rabu (19/5) lalu sekitar pukul 12.00 Wita,” ujar Kapolsek Ruli.

Kepada petugas,, pelaku mengakui seluruh perbuatannya telah melakukan pencurian dengan cara mencongkel jendela kantor dengan menggunakan 2 buah paku, kunci motor, dan tang.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sebuah KTP atas nama pelaku, 1 unit Yamaha Mio No Plat P-5939-YR, 4 unit laptop warna hitam, 2 buah Hp merk Samsung warna hitam, 1 buah dompet warna hitam, 1 buah tang, 2 buah paku dan 1 buah topi warna jingga.

“Selain melakukan pencurian di SDN 2 Jagapati, Banjar Jabajero, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal, pelaku juga mengaku telah melakukan aksi serupa di 29 TKP lainnya, mulai dari Kabupaten Jembrana dan Ketapang di 7 TKP, Tabanan 6 TKP, Buleleng 5 TKP, Kabupaten Gianyar 3 TKP dan di wilayah Kota Denpasar 8 TKP, ungkap Kapolsek.

Atas perbuatannya, pelaku kini meringkuk di ruang tahanan Mapolsek Abiansemal guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Pelaku mengaku melakukan serangkaian pencurian tersebut karena terlilit hutang yang cukup banyak, serta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Kapolsek Abiansemal.  (LE-BD)

Lenteraesai.id