DenpasarHeadlines

Resmi Dibuka, Pendaftaran Pemilihan Ambassador Gema Perdamaian 2021

Denpasar, LenteraEsai.id – Pemilihan Ambassador Gema Perdamaian 2021 adalah pemilihan Duta Perdamaian Bali yang beranggotakan generasi muda Bali yang bernaung di bawah Komunitas Gema Perdamaian.

Acara ini diselenggarakan setiap tahun sejak 2018. Pemilihan di tahun 2020 sempat tertunda dikarenakan adanya pandemi Covid-19 dan kembali akan diselenggarakan tahun ini dengan menerapkan protokol kesehatan CHSE yang ketat.

Pemilihan pada tahun ini mengangkat tema ‘Panorama’ yang bermakna gambaran tentang keindahan yang melukiskan perdamaian dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam semesta dalam balutan keberagaman budaya, adat, suku, tradisi, dan bahasa yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga menjadi pondasi dan pelopor penutur perdamaian yang mampu menyadarkan masyarakat terutama generasi muda agar selalu menjaga dan memelihara perdamaian di tengah-tengah perbedaan yang ada.

I Nyoman Krisna Artha Kusuma selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, “Pemilihan tahun ini memiliki tujuan, yakni agar para generasi muda Bali memiliki wadah untuk mengekspresikan gagasan baru perdamaian. Peduli dengan isu-isu sosial, lingkungan, budaya serta pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Sehingga generasi muda dapat memberikan vibrasi positif dan kontribusi nyata dalam mengemban tugas serta tanggung jawab sebagai seorang Duta Perdamaian Provinsi Bali.” ujarnya di Denpasar baru-baru ini.

Pembina Ambassador Gema Perdamaian, Jeffri Hendrian menambahkan, ”Proses ajang ini dimulai dari proses pendaftaran peserta yang kita mulai tanggal 1 Mei 2021 hingga 25 Juli 2021 nanti dan acara puncak akan diselenggarakan pada bulan September 2021 mendatang. Bagi para generasi muda Bali yang ingin mendaftarkan dirinya untuk bergabung bersama Duta Perdamaian Bali silahkan langsung saja dengan mengisi formulir pendaftaran di link akun instagram @putraputridamai,” imbuhnya.

I Kadek Adnyana, Penasehat Ambasador Gema Perdamaian juga mengharapkan, melalui pemilihan Ambasador Gema Perdamaian ini mampu serta dapat menciptakan generasi muda yang peduli akan isu-isu sosial yang terjadi di lingkungan sekitar mereka, dan mampu juga memberikan edukasi serta pemahaman terhadap masyarakat dan generasi muda lainnya.

Bagi calon peserta yang akan mendaftar dapat mengikuti alur pendaftaran. Pertama calon peserta melakukan Scan QR Barcode yang tertera pada e-flyer atau dengan meng-klik link di Bio Instagram @putraputridamai. Kemudian cek persyaratan dan ketentuan pada judul google formulir. Selanjutnya persiapkan berkas pendaftaran yang diperlukan. Setelah semua siap, berkas dan biodata diri bisa diunggah ke dalam google formulir tersebut. Jika sudah terkirim jangan lupa untuk konfirmasi ke nomor panitia yang tersedia di caption maupun di e-flyer.

Adapun Syarat dan Ketentuan Peserta:

1. Lomba dikenakan biaya Rp 50.000/peserta dikirim ke MANDIRI 175-00-0061261-3 a.n. Sri Laksmi Utari

2. Warga Negara Indonesia

3. Berusia 16-23 tahun

4. Mahasiswa/i dan Pelajar Siswa/i yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa/Kartu Tanda Pelajar

5. Bertanggung jawab, berkepribadian baik serta memiliki pengetahuan luas tentang Perdamaian

6. Membuat karangan argumentasi/pendapat mengenai Perdamaian di Indonesia minimal 100 Kata

7. Melampirkan foto diri Close Up pakaian putih formal, berlatar merah untuk Putra dan biru untuk Putri ukuran 3×4

8. Melampirkan bukti sertifikat prestasi 5 tahun terakhir, scan piagam atau sertifikat kemudian jadikan satu dalam bentuk file PDF dengan Nama File “Nama Lengkap_AGP2021

9. Upload bukti transfer berupa Screen Shoot atau Foto Bukti Transaksi

10. Jika sudah melakukan pendaftaran silahkan lakukan konfirmasi ke nomor WA 081238483256 (Surya)/085738446280 (Ayu).  (LE-DP1)

Lenteraesai.id