judul gambar
HeadlinesJembrana

Akses Jalan Sulit dan Licin, Dropping Material Menuju Lokasi TMMD Dilakukan Dengan Cara Dilangsir

Jembrana, LenteraEsai.id – Sulitnya akses transportasi menuju lokasi pembangunan jalan rabat beton yang menjadi sasaran fisik TMMD ke-110 Kodim 1617/Jembrana, tidak menyurutkan semangat prajurit TNI bersama masyarakat dalam mendroping material menuju sasaran.

Dropping material menuju lokasi sasaran pun terpaksa dilakukan dengan cara dilangsir, yakni memindahkan material dari yang semula diangkut truk berukuran besar ke mobil bak terbuka yang ukurannya lebih kecil.

Dropping material dengan cara dilangsir merupakan salah satu cara untuk mempermudah material mencapai sasaran yang dituju, sehubungan  dihadapkan pada kondisi jalan yang sulit. Ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang sering turun hujan, membuat jalan menuju lokasi menjadi becek dan licin.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna Ssos selaku Dansatgas TMMD ke-110 Kodim 1617/Jembrana mengatakan hal itu saat turun langsung meninjau proses droping material menuju sasaran rabat beton jalan di Banjar Sawe, Desa Batu Agung, Kabupaten Jembrana, Sabtu (6/3/2021).

Dandim Haruna mengatakan, seringnya turun hujan bahkan hampir setiap hari di lokasi sasaran, menjadi salah satu kendala yang harus disikapi dengan cermat. Dihadapkan dengan medan yang cukup berat serta kondisi jalan becek dan licin, membuat droping material dengan cara dilangsir menjadi pilihan yang tepat.

“Sebelum material dilangsir menuju titik sasaran, material tersebut dikumpulkan di satu titik yang nantinya akan diangkut sebagian demi bagian menggunakan dump truk kecil dengan kapasitas yang lebih sedikit dari kapasitas normal,” ucapnya.

Mengenai medan yang sangat sulit, namun harus juga melangsir material ke titik yang dituju, Dandim menyebutkan bahwa pihaknya akan mengunakan cara kombinasi, yakni dengan mengerahkan kendaraan semi off road agar sesuai dengan medan yang dihadapi.

Dandim Haruna menyebutkan, dengan semangat gotong royong antara anggota Satgas TMMD (TNI) bersama rakyat, semua kendala senantiasa bisa diatasi, sehingga target pembangunan sasaran fisik dan non fisik dalam TMMD ke-110 Kodim 1617/Jembrana dapat terselesaikan tepat waktu dan berdampak positif bagi perubahan kehidupan masyarakat. (LE-JB)

Lenteraesai.id