judul gambar
HeadlinesKarangasem

Bulan Bung Karno, DPC PDI Karangasem Gelar Lomba Pidato

Amlapura, LenteraEsai.id – Serangkaian peringatan Bulan Bung Karno, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karangasem mengadakan lomba pidato yang mengusung tema ‘Spirit Pancasila Gotong Royong Berskala Besar Untuk Penanganan Covid-19 Berbasis Kearifan Lokal Bali’.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba pidato kali inipun dilangsungkan di Gedung DPC PDI Perjuangan Karangasem pada Senin, 15 Juni 2020.. Namun mengingat saat ini dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga lomba diadakan melalui video virtual zoom.

Ketua Panitia Lomba Pidato Nengah Suparta mengatakan, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh kalangan siswa SMP maupun SMA se-Kabupaten Karangasem. Usai dilakukan audisi, akhirnya terjaring 3 siswa SMP dan 13 siswa SMA.

“Akibat pandemi Covid-19 ini, kita membatasi jumlah peserta yang hadir. Untuk teknisnya, video direkam di rumah masing-masing dan dikirim melalui vidio virtual zoom untuk selanjutnya dinilai di Gedung DPC PDI Perjuangan Karangasem oleh para juri,” ujar Suparta yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Karangasem.

Sementara itu, acara ini menghadirkan dewan juri yang terdiri atas Ketut Kariasa Adnyana (anggota DPR RI), didampingi Wayan Sumatra dan Nengah Suparta.

Ketut Karyasa Adnyana mengatakan, bulan Juni ini adalah Bulan Bung Karno yang adalah Bapak Bangsa, sekaligus sebagai Bapak Proklamator dan Pemimpin Besar Revolusi.

Menurut Karyasa Adnyana, dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, dibutuhkan semangat  Bung Karno, maka kali ini kegiatan  mengangkat tema ‘Spirit Pancasila Gotong Royong Berskala Besar Untuk Penanganan Covid-19 Berbasis Kearifan Lokal Bali’.

Bagi pemenang yang muncul  di ajang tingkat DPC, nantinya akan diadu kembali kebolehannya di tingkat DPD, ujar Kariasa.

Dia mengharapkan, dengan diadakannya ajang seperti ini maka generasi muda ke depan lebih punya rasa nasionalisme yang tinggi, punya rasa kebangsaan demi keutuhan Pancasila, serta menghargai kebhinekaan dan NKRI.

Karyasa Adnyana selanjutnya berkoordinasi dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem Gede Dana, untuk memberikan rangsangan penyemangat berupa hadiah yang berasal dari dana pribadi.  (LE-KR)

Lenteraesai.id