judul gambar
BadungPariwisata

IHGMA Bali 4th Annual Gathering Ajak Maksimalkan ‘Domestic Market’

Kuta, LenteraEsai.id – DPD Bali Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA Bali) menyelenggarakan agenda tahunan bertajuk ‘The 4th IHGMA Bali Annual Gathering’, yang berlangsung di Segara Seafood Restaurant, Kompleks Discovery Kartika Plaza, Kuta, Badung, Bali pada hari Jumat tanggal 31 Januari 2020.

Pada kesempatan ini, Ketua DPD Bali IHGMA Nyoman Astama SE CHA menyatakan bahwa Bali sebagai destinasi pariwisata dunia semakin serius berbenah menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Produk berkualitas juga harus diimbangi dengan pemberian pelayanan berstandar internasional yang dipadukan dengan keramahan talenta lokal. Bali yang mengembangkan pariwisata berbasis budaya, menyadari pentingnya menjaga kelangsungan budaya Bali yang dilakukan secara tulus oleh orang yang peduli terhadap Bali, apabila ingin pariwisata ini berkelanjutan,” ujar Nyoman Astama.

Menyinggung saat ini tengah marak merebak Virus Corona, dikatakan Nyoman Astama, merupakan tantangan tersendiri bagi Bali mengingat selama ini China merupakan penyumbang wisatawan yang terbilang besar untuk berlibur ke Bali.

“Yang harus kita sikapi adalah melalui asosiasi ini kita informasikan pada semua anggota untuk tetap mengikuti arahan dari pihak berwenang, dalam hal ini Dinas Kesehatan, sehingga selanjutnya kita bisa memastikan bahwa tamu yang berkunjung bisa merasakan suasana aman dan nyaman. Dan saya dengar, Virus ini tidak berkembang di daerah tropis. Bersyukur jika memang demikian,” katanya.

I Made Ramia Adnyana SE MM selaku Wakil Ketua I Bidang Kesekretariatan Umum Organisasi menyebutkan bahwa dengan adanya Virus Corona yang mengagetkan dunia, maka sudah semestinya dijadikan ajang instropeksi dan pembenahan terhadap dunia pariwisata. Khususnya sisi pariwisata di Pulau Dewata.

“Ini saatnya kita lebih fokus menggarap ‘domestic market’ yang sebenarnya potensial untuk dilirik sejak dulu. Coba saja bayangkan, kalau wisatawan domestik yang datang ke Bali, sudah tentu pasar oleh-oleh itu laku keras. Mereka itu suka belanja untuk oleh-oleh keluarga dan kerabat, serta berpiknik menikmati pemandangan alam serta budaya. Ini mesti kita sasar kali ini, mengingat wisatawan internasional anjlok atas kasus Virus Corona,” kata Ramia.

Selanjutnya menyinggung acara agenda tahunan bertajuk ‘The 4th IHGMA Bali Annual Gathering’, Ramia menyatakan untuk meningkatkan silaturahmi antar anggota, kegiatan ini juga diselenggarakan untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan di luar industri perhotelan yang tergabung dalam associate member dan telah mendukung kegiatan-kegiatan asosiasi selama ini dan dirangkai dengan pengukuhan Pengurus DPC IHGMA Gianyar periode 2020-2023 dengan ketuanya Agus Suananda CHA.

Terkait tema acara ini, yaitu ‘WOW’; Wonder of Wealth’, Pastika menjelaskan pemilihan tema ini sendiri menurutnya sejalan dengan semangat yang diusung IHGMA, yakni mengandung makna mengapresiasi profesional secara individu bagi anggota IHGMA serta secara asosiasi dalam berkontribusi terhadap dunia pariwisata. (LE-BD)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id