judul gambar
Pendidikan

Soroti Wisata Gastronomi di Kota Mataram, Antarkan Suteja Sandang Gelar Doktor di FP Unud

Denpassar, LenteraEai.id- Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (FP Unud) kembali melahirkan doktor pariwisata baru, ditandai dengan tuntasnya Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus I Wayan Suteja SPar MPar. Sidang tersebut digelar secara tatap muka di Ruang Sidang Lantai 3, Gedung Pascasarjana Kampus Unud Sudirman, Kota Denpasar, Rabu (18/1/2023).

Sidang dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Pariwisata Unud Dr I Nyoman Sukma Arida SSi MSi selaku Ketua Sidang, bersama Prof Drs I Nyoman Sunarta (Promotor), Dr I Wayan Suardana SSTPar MPar (Ko-Promotor 1) serta Dr I Made Suyasa MHum (Ko-Promotor 2). Hadir pula Prof Dr Made Budiarsa MA, Dr I Nyoman Sudiarta SE MPar, Gde Indra Bhaskara MSc PhD, Dr Putu Sucita Yanthy SS MPar dan Dr Yohanes Kristianto SPd MHum.

Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pengembangan Wisata Gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram’. Melalui penelitian tersebut, Suteja berharap dapat mengembangkan potensi wisata gastronomi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang erat kaitannya dengan budaya masyarakat lokal setempat.

Hasil analisis penelitian Suteja menunjukkan bahwa sumber daya gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram terdiri dari jenis hidangan lokal, fasilitas wisata, aktivitas wisata dan juga unsur sumber daya manusia dalam bentuk organisasi kepariwisataan.

UnsurĀ stakeholder pariwisata yang berperan terdiri dari unsur masyarakat sebagai penyedia sumber daya, pemerintah sebagai pemegang kebijakan, asosiasi dan kelompok sadar wisata sebagai pengelolaan dan menggerakkan unsur pelaku pariswisata dan lembaga pendidikan berperan dalam peningkatan SDM. Berdasarkan atas hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan wisata gastronomi di Kawasan Wisata Kota Mataram dapat dilakukan dengan memanfaatkan kreativitas dan sumber daya lokal dengan penyelenggaraan berbasis pada kolaborasi dan kerja sama unsur stakeholder pariwisata, ucapnya.

I Wayan Suteja SPar MPar merupakan alumni Prodi S1 Destinasi Pariwisata Universitas Udayana lulusan tahun 2014. Suteja menyelesaikan Studi Pascasarjana di kampus yang sama pada tahun 2023. Menyandang predikat doktor ke-90 di lingkungan Program Studi Doktor Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Suteja mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Udayana karena sudah menjadi wadahnya untuk menuntut ilmu hingga meraih gelar yang dimilki saat ini. (LE-AS)

Sumber:http://www.unud.ac.idĀ 

Lenteraesai.id