judul gambar
BangliHeadlines

Wabup Wayan Diar Mulang Pekelem di Goa Rajo Waterfall Bangli

Bangli, LenteraEsai.id – Bertepatan dengan rahinan Buda Kliwon Gumbreg pada Rabu (30/11/22), Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar mengikuti seluruh rangkaian upacara yang dilaksanakan serangkian karya piodalan dan mepelaspas pelinggih di area Goa Rajo Waterfall Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Adapun rangkaian karya berlangsung dari pagi hari diawali dengan pecaruan amancaan ditambah anjing blangbumkem, dan mepelaspas pelinggih. Prosesi karya dipuput oleh dua sulinggih yaitu Ida Pedanda Istri Made Rai (Siwa) dari Griya Bangli dan Ida Pedanda Gede Wana Yoga (Budha) dari Griya Wana Sari Karangasem.

Rentetan upacara juga dilanjukan dengan mulang pekelem ke Goa Rajo oleh Wakil Bupati, didampingi Ketua GOW Ny Suciati Diar, Camat Tembuku dan undangan lainya. Prosesi mulang pekelem sebagai persembahan atau pengorbanan umat Hindu atas rasa terima kasih kepada Sang Pencipta serta manepestasinya dengan tujuan memohon dan menjaga keharmonisan alam semesta.

Usai ngaturang piodalan, Wakil Bupati beserta pemedek mengikuti persembahyangan bersama. Serangkaian prosesi upacara piodalan dan melaspas. turut dipentaskan tari wewalian.

Wayan Diar, politisi asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani dalam arahannya mengajak kepada pengelola Goa Rajo Waterfall untuk sanantiasa menjaga lingkungan, di mana air sebagai sumber kehidupan tetap dapat dijaga dengan sebaik-baiknya.

“Kita harus membudidaya gotong royong agar kelestarian alam yang ada di Goa Rajo Waterfall dapat lestari, asri, dan indah,” lata Wakil Bupati sembari berharap di lokasi yang sama dapat dikembangkan wisata religius yang tidak mengesampingkan wisata air terjun.

Sementara I Ngh Tesan dalam laporannya mengatakan, rangkaian piodalan di Goa Rajo Waterfall dengan pekelem berupa bebek hitam, ayam hitam dan empas, memiliki tujuan untuk menyeimbangkan antara Buana Alit dengan Buana Agung.

Mengakhiri rangkaian upacara tersebut, Wakil Bupati menyerahkan punia yang diterima pengelola Goa Rajo, selanjutnya dilakukan penandatangan prasasti. (LE-BL)

Lenteraesai.id