judul gambar
HeadlinesPendidikan

Tim Asesor LAM-PTKes Lakukan Akreditasi Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL FK Unud

Denpasar, LenteraEsai.id – Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) dikunjungi oleh Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada Kamis (10/11/2022), bertempat di Ruang AA Djelantik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Kampus Sudirman Denpasar.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Udayan Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara MEng IPU, dan turut dihadiri Direktur Bidang Perencanaan Operasional dan Umum RSUP Prof dr I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Direktur RS Jejaring, Ketua LP3M Unud, perwakilan USDI, Kepala Perpustakaan Unud, para Wakil Dekan FK Unud, para Ketua Departemen, para Koordinator Program Studi, para Koordinator Unit, dan seluruh anggota Tim Task Force Akreditasi Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan THT-KL.

Mengawali acara, Dekan Fakultas Kedokteran Unud Dr dr Komang Januartha Putra Pinatih MKes menyampaikan, Prodi THT-KL dalam pelaksanaan tugasnya telah menghasilkan lulusan yang saat ini mengabdikan ilmunnya di masyarakat, bukan hanya di Pulau Bali saja, akan tetapi juga di luar Bali. Selain itu, prestasi-prestasi non akademik juga banyak diraih, baik oleh dosen maupun peserta didik dari Prodi THT-KL ini.

“Sistem penjaminan mutu di Prodi ini memegang peranan yang sangat strategis untuk menjamin kualitas pendidikan yang dilaksanakan. Secara kelembagaan, kami sudah memiliki sistem penjaminan mutu internal berjenjang dari tingkat universitas, fakultas maupun prodi, tetapi sistem penjaminan mutu internal belumlah lengkap, apabila tidak diikuti oleh sistem penjaminan mutu eksternal,” ucapnya.

Kedatangan Tim Asesor dari LAM-PTKes selama tiga hari ke depan, adalah untuk melihat secara langsung apakah laporan yang disampaikan sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Harapannya, Prodi dapat bekerja dengan baik dan menyiapkan semua data yang dibutuhkan oleh Tim Asesor, sehingga nanti mendapatkan hasil yang maksimal dari akreditasi tersebut, ujar Dekan FK Unud.

Sementara Rektor Universitas Udayan Prof I Nyoman Gde Antara dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya, semoga kedatangan Tim Asesor ke Unud dapat memberikan sesuatu untuk mengembangkan Unud lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang. Universitas Udayana saat ini memasuki usia ke-60 tahun, memiliki tiga lokasi kampus, yakni Kampus Sudirman, Kampus Pulau Nias dan Kampus Bukit Jimbaran, Badung.

Unud terhitung memiliki 119 program studi, di mana sebesar 70% sudah mendapat akreditasi unggul maupun A dan 30% masih terakreditasi B. Untuk ke depannya program studi yang masih terakeditasi B akan didorong menjadi unggul dan program studi unggul akan didorong ke akreditasi internasional, ujar Rektor.

Selain itu, Rektor Prof Antara juga menyampaikan tentang profil universitas yang meliputi jumlah fakultas, jumlah mahasiswa, dosen, dan pegawai di Unud. Ke depan Unud diharapkan bisa menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH), yang saat ini masih berproses dan tahun depan sesuai peraturan pemerintah diharapkan sudah menjadi PTN-BH.

Rektor menyampaikan peran Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana sangat penting, sehingga apapun langah-langkah program studi yang ada di Fakultas Kedoteran Universitas Udayana, siap mendukung serta mengawal dan berjalan bersama untuk mencapai tujuan.

Fakultas Kedokteran memiliki 33 program studi. Sekarang ini jumlah akreditasi unggul di FK tercatat 14 program studi, tetapi di tingkat universitas program studi yang terakreditasi unggul tersebut sebanyak 28 program studi. “Harapan kami Progam Studi Ilmu Kesehatan THT-KL menjadi program studi yang mendapat nilai unggul yang ke-15 di Fakultas Kedokteran Unud,” kata Prof Antara, mengharapkan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id