judul gambar
HeadlinesInternasionalNasional

Delegasi Bisnis Kopitu Tanda Tangani MoU Ketenagakerjaan dengan Darwin

Darwin, LenteraEsai.id – Delegasi Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (Kopitu) sukses menandatangani MoU di bidang ketenagakerjaan berupa tenaga pemagangan, pertukaran skill bidang perhotelan, pertanian, dan manufaktur pabrik perikanan, di Darwin, Australia pada Jumat (30/9).

Penandatangan MoU ini disaksikan langsung Konsul Jenderal RI untuk Darwin, Gulfan Afero. “Kami sangat mengapresiasi kunjungan delegasi Kopitu yang membuahkan Penandatnganan MoU ini. Selanjutnya kami siap menunggu agar program ketenagakerjaan baik magang maupun pertukaran tenaga skill dapat segera dieksekusi, dikarenakan dalam waktu dekat Australia sudah mendekati musim natal sementara kebutuhan tenaga kerja sangat terbatas. Jadi ini momentum yang sangat bagus, dan dengan terlaksanaanya pilot project di Darwin nantinya akan dikuti kota-kota lain di Australia,” ungkap Gulfan Afaro.

Delegasi Kopitu sudah beberapa hari berada di Kota Darwin untuk dapat membuka akses ketenagakerjaan yang dapat diimplementasikan di IA-CEPA bidang ketenagakerjaan serta MoU Sistercity antara kedua kota dapat mewujudkan hasil nyata dalam penandatangan MoU yang berfokus kepada ketenagakerjaan ini.

“Sesuai arahan Pak Konsul, kami akan segera mempersiapkan tenaga kerja baik progam pemagangan maupun pertukaran tenaga skill khususnya di bidang perhotelan dan pertanian yang sangat diharapkam masyarakat Bali pada umumnya, untuk segera mendapat lapangan kerja di Australia khususnya di Darwin,” kata Ketua DPD Kopitu Denpasar Ni Nyoman Juniati.

Dengan adanya MoU ini tentunya akses lapangan kerja bagi para pekerja migran Indonesia semakin terbuka lebar dan dapat menyerap tenga kerja yang lebih banyak serta membuka peluang bagi para pemagang maupun para pekerja skill untuk dapat bekerja di Darwin, Australia, ujarnya, menjelaskan.  (LE-DW)

Lenteraesai.id