judul gambar
HeadlinesKarangasem

Kebakaran Lahan di Tianyar, Petugas Harus Evakuasi 6 Ekor Sapi

Karangasem, LenteraEsai.id – Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali. Kali ini, Minggu (18/9/2022) kebakaran menghanguskan lahan seluas 4,4 hektar di Banjar Dinas Darma Winangun, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu.

Si jago merah yang berkobar cukup besar melalap lahan yang berisi pohon mangga dan pohon pisang. Api tampak semakin meluas karena di areal tersebut banyak ditumbuhi rumput liar dan tanaman perdu yang mengering.

Celakanya, lidah api terus merembet mendekati dua kandang sapi milik warga yang lokasinya tidak tergolong jauh dari areal yang diamuk si jago merah. Karenanya, mengundang kehadiran petugas yang harus mengevakuasi binatang piaraan tersebut.

“Kami harus mengevakuasi 6 ekor sapi milik warga setempat, sehubungan kobaran api terus mendekat ke arah kandang,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah saat dikonfirmasi.

Ia menyebutkan, lokasi lahan yang terbakar tak hanya dekat dengan kandang sapi, namun juga tempat pemukiman warga yang terdiri atas 5 buah bangunan rumah. “Jadi kami harus bertindak cepat,” ujarnya, menjelaskan.

Petugas Damkartan Karangasem siang itu terjun ke lokasi musibah dengan mengerahkan 4 armada pemadam, yakni Hino Ranger, Hino Dutro, Tangki Merah dan Hilux. Sementara petugas lapangan sebanyak 10 orang ditambah satu cadang yang diterjunkan, dipimpin oleh Kabid PPSP.

Tiba di lokasi petugas langsung menyemprotkan sebanyak 14.000 liter air hingga akhirnya berhasil mengatasi amuk si jago merah setelah bekutat selama kurang lebih 2,5 jam.

Beruntung, semua ternak milik warga berhasil diselamatkan sehingga tidak menyebabkan kerugian yang berarti, kata Siki Ngurah. Demikian pula lidah api tidak sampai menyentuh daerah pemukiman penduduk.

“Kami belum mengetahui penyebab timbulnya kebakaran secara pasti, karena masih harus dilakukan penyelidikan bersama pihak kepolisian setempat,” ujar Siki Ngurah.

Namun, lanjut dia, karena saking seringnya terjadi peristiwa kebakaran di wilayah Kecamatan Kubu belakangan ini, pihaknya mengambil kebijakan untuk menyiagakan pasukan di Pos Kubu. “Mulai hari ini kami tempatkan pasukan di Pos Kubu untuk dapat lebih cepat melakukan penanganan bila kembali terjadi kebakaran di wilayah itu,” kata Siki Ngurah, menandaskan.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id