judul gambar
HeadlinesJembrana

Melalui KKN PPM Unud, Dosen Prodi TIP Ajarkan Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Produk Non Pangan

Jembrana, LenteraEsai.id – Dosen Progam Studi Teknologi Industri Pertanian, Dr Dewa Ayu Anom Yuarini STP MAgb melalui Program KKN PPM Universitas Udayana ajarkan masyarakat untuk mengolah limbah rumah tangga yaitu minyak jelantah menjadi produk non pangan dan meningkatkan potensi desa menjadi produk turunan di Desa Blimbingsari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari KKN PPM Universitas Udayana di Desa Blimbingsari dengan mengadakan sosialisasi pengelolaan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi dan pembuatan sabun padat berbahan dasar minyak kelapa yang dihasilkan di Desa Blimbingsari. Sosialisasi ini diberikan oleh KKN PPM Universitas Udayana bekerja sama dengan dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Dr Dewa Ayu Anom Yuarini STP MAgb.

Kegiatan yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK Desa Blimbingsari ini diselenggarakan di Gedung Sekolah Minggu GKPB Pniel Desa Blimbing Sari, meliputi sosialisasi bahaya minyak jelantah dan cara proses pemurnian minyak jelantah, serta workshop pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah dan workshop pembuatan sabun padat berbahan dasar minyak kelapa yang merupakan potensi dari Desa Blimbingsari.

Dr Dewa Ayu Anom Yuarini STP MAgb berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga, serta masyarakat juga diharapkan mampu bijak dalam menggunakan minyak goreng untuk memasak.

“Dengan adanya pelatihan dan workshop pemanfaatan limbah minyak jelantah yang dihasilkan di rumah tangga dan mengoptimalkan potensi minyak kelapa yang dihasilkan di Desa Blimbingsari, semoga dapat menjadikan produk lilin aromatherapy dan sabun padat yang dihasilkan menjadi produk unggulan Desa Blimbingsari,” katanya, berharap.  (LE-JB)

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id