judul gambar
DenpasarHeadlines

Diguncang Gempa, Bangunan di Suter Retak-retak, Warga Denpasar Berhamburan

Denpasar, LenteraEsai.id – Bencana gempa bumi berkekuatan 5.8 SR mengguncang wilayah Bali bagian selatan, timur dan tengah pada Senin sore, 22 Agustus 2022 pukul 16.36 Wita.

Pusat gempa diketahui berada pada posisi lintang: 9.36 LS, bujur: 115.59 BT di kedalaman 124 km.

Menurut siaran BMKG, gempa ini terjadi di bagian selatan Pulau Bali, 74 km tenggara Kuta Selatan, atau 87 km tenggara Denpasar, 93 km tenggara Klungkung, dan 1.036 km tenggara Jakarta. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Pascakejadian, warga Suter, Kabupaten Bangli melaporkan adanya sejumlah bangunan rumah yang mengalami retak-retak akibat getaran gempa yang dirasakan cukup keras. Kejadian ini sempat membuat warga dilanda kecemasan.

Sementara itu, sejumlah warga Denpasar tampak mengalami kekagetan atas terjadinya gempa yang cukup menggetarkan, hingga tidak sedikit yang berlarian keluar rumah.

Sambil meneriakkan kata “Gempa….gempa….gempa….”, mereka berhamburan keluar rumah. Putu Krebet, warga Denpasar Timur, terlihat keluar rumah sambil menggendong anak yang masih balita. “Duh..Kaget saya,” ucapnya, dengan napas ‘ngos-ngosan’.

Demikian juga warga di sejumlah daerah di Karangasem, dilaporkan sempat berhamburan keluar rumah sambil berteriak “Linuuh … linuuuhhhh…”

Teriakan linuh disambut beberapa penduduk dengan memukul-mukul benda yang mengeluarkan bebunyian, seperti kentongan dari bambu, sembari memekikkan kaliamat “Hiduuppp….hidup….hiduuuppppp”. Dengan harapan guncangan gempa secepatnya terhenti dengan tidak membawa korban.

Sejauh ini belum ada laporan dari warga baik di Denpasar, Bangli maupun Karangasem yang mengalami luka-luka akibat peristiwa yang menggetarkan permukaan bumi dalam intestitas yang cukup kuat tersebut.  (LE-DP)

Lenteraesai.id