judul gambar
AdvertorialBulelengHeadlines

Bupati Buleleng Harapkan KONI Tambah Anggaran untuk Lomba Gerak Jalan

Buleleng, LenteraEsai.id – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengharapkan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dapat menambah anggaran untuk hadiah bagi peserta lomba gerak jalan.

Hal itu disampaikannya saat ditemui usai melepas peserta Lomba Gerak Jalan 8 Kilometer tingkat SMP, di garis awal lomba depan Gelanggang Olahraga (GOR) Bhuwana Patra, Singaraja pada Selasa (9/8).

Agus Suradnyana menjelaskan, lomba gerak jalan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Lomba gerak jalan merupakan sebuah kegiatan yang memerlukan integritas dari para peserta.

Lomba juga untuk mengekspresikan semangat di hari kemerdekaan. “Ini hal yang luar biasa. Melatih adik-adik kita untuk mengingat kembali perjuangan dan makna kemerdekaan yang kita raih sekarang ini,” ujarnya, penuh semangat.

Bupati yang juga seorang pengusaha itu mengharapkan adanya peningkatan anggaran untuk hadiah bagi para peserta gerak jalan. Khususnya di kategori 45 kilometer dewasa putra. Saat Suradnyana baru menjabat sebagai bupati, ada permasalahan terkait hadiah kepada para peserta. Ini mengakibatkan gema dari lomba gerak jalan 45 kilometer tersebut menjadi surut.

“Mungkin nanti dari KONI bisa ditambah anggarannya untuk mempersiapkan lebih maksimal lagi. Mungkin hadiahnya, mungkin pakaiannya dibantulah dari KONI. Ditambah anggarannya untuk itu. Ini acaranya merakyat sekali,” ucap Agus Suradnyana.

Disinggung mengenai kegiatan rutin lainnya dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI seperti pasar rakyat dan pameran, Agus Suradnyana mengungkapkan belum bisa dilakukan saat ini, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Lomba Gerak Jalan kali inipun dapat digelar setelah melalui diskusi yang panjang antara Bupati dengan Ketua KONI Kabupaten Buleleng. “Dan akhirnya sampai pada kesimpulan diizinkan, tapi tetap dengan protokol kesehatan tentunya,” ungkap Bupati Suradnyana.

Seperti diketahui, lomba gerak jalan kembali digelar setelah vakum selama dua tahun. Ada empat kategori yang dilombakan yaitu delapan kilometer SD, delapan kilometer SMP, 17 kilometer dewasa putri, 45 kilometer dewasa putra serta gerak jalan kocak dan kreatif. Total peserta seluruh kategori sebanyak 196 regu.

Peserta sebanyak itu terdiri atas 8 kilometer SD 76 regu, 8 kilometer SMP 40 regu, 17 kilometer dewasa putri 34 regu, gerak jalan kocak kreatif 15 regu dan 45 kilometer dewasa putra sebanyak 31 regu. Total hadiah sebanyak Rp524 juta dengan ditambah uang pembinaan bagi peserta yang berhasil mencapai garis akhir dengan anggota minimal tersisa 50 persen plus satu. (LE-BL1)

Lenteraesai.id