judul gambar
HeadlinesKarangasemNews

Awas, Virus yang Menggerogoti Ternak Sapi telah Menyusup ke Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Virus PMK yang ‘menggerogoti’ bagian mulut dan kuku ternak sapi, kini diketahui telah menerobos masuk ke beberapa daerah di Pulau Dewata, termasuk ke wilayah Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur.

Penyakit pada mulut dan kuku ternak itu, kini ditemukan berjangkit pada hewan sapi di beberapa desa di Kabupaten Karangasem, kata Kepala UPTD Puskeswan Kabupaten Karangasem, Drh Pande Gede Arya Saputra saat dikonfirmasi, Minggu (3/7/2022).

Ia mengatakan, belakangan virus ini telah menulari sebanyak 7 ekor sapi dengan gejala seperti hilang nafsu makan hingga mulut keluar buih atau busa, serta melepuh pada bagian kuku-kuku kakinya.

Atas seizin Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Suastika, Pande Arya mengungkapkan bahwa Virus PMK memang benar telah menerobos masuk ke wilayah Karangasem. “Kemarin malam hasil lab sudah keluar, ada 7 sample sapi yang dinyatakan positif PMK,” ucapnya.

Ketujuh ekor sapi itu, 4 ekor di antaranya ditemukan di wilayah Kecamatan Rendang, milik seorang pengepul sapi, sedangkan 3 lainnya diketahui berada di wilayah Segara Katon, Subagan.

Sementara mengenai ‘track record’ 4 ekor sapi yang tertular PMK di wilayah Rendang, diketahui sapi sebelumnya dibeli oleh seorang pengepul di Pasar Bebandem, Karangasem.

Sementara 3 yang di wilayah Subagan, berawal dari adanya laporan sapi yang sakit sebanyak 15 ekor. Setelah dicek, ternyata gejalanya mengarah ke PMK. Ketika sample diambil, 3 di antaranya dinyatakan positif PMK, ujarnya, menjelaskan.

Terkait tindakan yang diambil atas virus tersebut, Pande Arya menyebutkan, pihaknya langsung melakukan karantina dan penyemprotan di kandang sapi yang tengah sakit, serta terus melakukan pemantauan secara intensif di lapangan.

Sehubungan dengan itu, pihak Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem mengingatkan para peternak untuk lebih waspada terhadap kemungkinan semakin merebaknya virus yang cukup membahayakan bagi ternak sapi tersebut.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id