judul gambar
DenpasarHeadlines

Tingkatkan Kemampuan, UPT Bahasa Unud Selenggarakan ‘Academic and Speed Reading Webinar’

Denpasar, LenteraEsai.id – UPT Bahasa Universitas Udayana menyelenggarakan Academic and Speed Reading Webinar yang dilakukan secara daring melalui Webex Meeting, pada Senin (27/6).

Kegiatan ini menghadirkan Guru Besar Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Prof Dr Ni Luh Sutjiati Beratha MA yang membawakan materi bagaimana menerapkan strategi membaca dengan cepat untuk meningkatkan kompetensi civitas akademika dalam kemampuan skill kebahasaan. UPT Bahasa Universitas Udayana turut berkontribusi meningkatkan kompetensi civitas akademika dalam menguasai keterampilan kebahasaan.

Kepala UPT Bahasa Sang Ayu Isnu Maharani SS MHum menyampaikan bahwa Webinar Academic and Speed Reading ini menampilkan salah satu skill bahasa yaitu reading. Reading merupakan kemampuan bahasa Inggris yang tidak kalah penting dengan kemampuan speaking, listening, dan writing. “Reading (membaca) merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari seperti mencari informasi, jadi kita tidak boleh mengesampingkan kemampuan reading,” ucapnya.

Webinar diikuti oleh dosen, mahasiswa, dan peserta umum yang  berjumlah 145 orang dengan menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya yaitu Prof Dr Ni Luh Sutjiati Beratha MA yang dimoderatori oleh Dr Ni Ketut Widhiarcani Matradewi. Webinar dapat disaksikan melalui kanal Youtube Udayana TV sehingga bagi peserta yang terlambat atau berhalangan bergabung tidak perlu khawatir karena dapat menonton tayangan ulangnya.

Webinar ini dibuka Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir I Gede Rai Maya Temaja MP. Dalam sambutannya Wakil Rektor menyampaikan bahwa pihak universitas salut dan mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan oleh UPT Bahasa dalam memfasilitasi civitas akademika dalam meningkatkan kemampuan berbahasa.

“Sebagai akademisi sangat dituntut untuk kemampuan dalam penulisan karya ilmiah salah satunya perlu banyak membaca untuk menambah referensi. Dalam kegiatan webinar ini disajikan cara membaca cepat untuk mengenali secara cepat kata kunci dalam suatu bacaan ilmiah khususnya dalam bahasa Inggris,” ungkapnya.

UPT Bahasa Universitas Udayana juga tidak hanya berfokus pada peningkatan kompetensi Bahasa Inggris saja. Adapun pelayanan lainnya yang ditawarkan di antaranya: Beginner Class atau Kelas Pengenalan Bahasa Perancis serta Bahasa Jepang yang sudah dibuka pendaftarannya dari bulan Juni 2022. Dan nantinya juga akan segera dibuka kursus bahasa lainnya seperti: Bahasa Russia, Korea, Spanyol dan yang lain untuk meningkatkan minat serta kompetensi civitas akademika dalam kemampuan skill berbagai macam kebahasaan, katanya. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id