judul gambar
HeadlinesKarangasemNews

Ternak Sering Hilang Misterius, Penduduk Subagan Temukan Ular Besar

Karangasem, LenteraEsai.id – Seekor ular piton berukuran cukup besar dengan panjang tubuh sekitar dua meter, berhasil dievakuasi petugas Dinas Damkartan Karangasem dari tempatnya ‘ngendon’ di Jalan Ahmad Yani, Galiran, Kelurahan Subagan, Kabupaten Karangasem, Minggu (26/6/2022).

Kepala Dinas Damkartan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah ketika dihubungi wartawan mengungkapkan, ular sepanjang itu ditemukan dan berhasil dievakuasi setelah sebelumnya ada laporan tentang cukup seringnya warga kehilangan hewan ternak piaraan.

“Warga di sini sering mengaku kehilangan ayam. Warga sempat menduka karena dimangsa biawak atau alu, tapi belakangan diketahui ternyata yang memangsa ayam adalah ular pyton ini,” ujar Siki Ngurah sambil menunjuk ular hasil tangkapan pihaknya.

Sebelum dievakuasi petugas, ular tersebut ditemukan oleh warga yang tengah bersih-bersih di kebun miliknya. Di mana kebun tersebut berada di samping lingkungan pemukiman yang padat penduduk.

Siki Ngurah menyebutkan, sebelum temuan hari ini, penduduk telah dua kali menemukam binatang melata serupa di wilayah tersebut, yang juga menjadi pemangsa ternak milik warga di Galiran.

“Sekitar seminggu lalu kita juga temukan dua ekor ular pemangsa ternak di Galiran, dan di sekitar wilayah itu kebetulan ada lahan usaha peternakan ayam. Nah itu yang sering kehilangan,” ungkapnya.

Atas seringnya ditemukan ular pemangsa, Kepala Damkartan mengimbau penduduk untuk lebih waspada. “Agak sulit ya, ini soalnya hewan liar, ya cara mencegahnya dengan bersih-bersih semak belukar, dan tetap waspada,” katanya.  (LE-Ami) 

Lenteraesai.id