judul gambar
DenpasarHeadlines

Purnama Sasih Sadha, Fapet Unud Gelar Piodalan di Farm Sesetan

Denpasar, LenteraEsai.id – Bertepatan dengan Rahina Purnama Sasih Sadha, Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Fapet Unud) melaksanakan Piodalan (peringatan hari jadi, red) di areal pelinggih Farm/Laboratorium Fapet Unud di Sesetan, Denpasar pada Selasa (14/6).

Menurut perhitungan kalender Bali, Hari Purnama sesuai dengan namanya, jatuh setiap malam bulan penuh (sukla paksa). Pada saat inilah, umat Hindu meyakini Sang Hyang Candra sedang beryoga. Umat Hindu Bali percaya bahwa ini adalah hari baik untuk menyucikan diri lahir batin dengan melakukan persembahyangan dan menghaturkan yadnya (persembahan bhakti yang tulus ikhlas, red) kepada-Nya. Selain itu, saat purnama juga baik untuk melakukan pembersihan diri, termasuk menyucikan pikiran, perkataan dan perbuatan.

Piodalan yang bertepatan dengan Hari Purnama itu berlangsung selama kurang lebih 3 jam, dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 Wita. Sejak awal persiapan hingga akhir acara kegiatan Piodalan (Dewa Yadnya) ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala maupun hambatan yang berarti, serta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Acara ini dihadiri para Wakil Dekan, para Koordinator Program Studi, para Koordinator Unit, para Kepala Lab, Koordinator TU, para dosen dan pegawai di lingkungan Fakultas Peternakan Universitas Udayana. (LE-DP)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id