judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Prodi Sarjana IPW FPar Unud Gelar Praktik Pemanduan Wisata di 3 DTW

Gianyar, LenteraEsai.id – Program Studi Sarjana Industri Perjalanan Wisata (IPW), Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (FPar Unud)), kembali menggelar Praktik Pemanduan Wisata setelah sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Kegiatan kali ini dilakukan di tiga daya tarik wisata (DTW) populer, yaitu DTW Goa Gajah, DTW Pura Tirta Empul, dan DTW Gunung Kawi, pada Sabtu (21/5/2022). Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Prodi IPW angkatan 2019 dan angkatan 2020.

Koordinator Prodi IPW Dr I Nyoman Sudiarta SE MPar turut hadir dalam kegiatan ini bersama Koordinator Mata Kuliah Teknik Memandu Wisata I Gusti Putu Bagus Sasrawan Mananda SSTPar MPar dan sejumlah dosen di lingkungan Prodi IPW. Mananda menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk aplikasi teori di kelas pada situasi yang sebenarnya di lapangan.

“Kegiatan ini diselenggarakan selain untuk memenuhi mata kuliah Teknik Memandu Wisata, sekaligus juga memberi kesempatan mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang mereka pelajari di kelas dengan realitas di destinasi. Kita berharap mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru dan memiliki kompetensi dalam menjelaskan tentang suatu destinasi wisata,” ujar Mananda.

Rangkaian kegiatan meliputi praktik memandu oleh mahasiswa di dalam bus dan pada setiap DTW yang telah ditentukan. Kunjungan pertama adalah DTW Goa Gajah, kemudian dilanjutkan ke DTW Tirta Empul, dan diakhiri di DTW Gunung Kawi. Pemilihan ketiga tempat ini juga didasari oleh pertimbangan khusus.

“Ketiga tempat ini dipilih sebagai tempat untuk melaksanakan praktik karena kecenderungan milenial dan anak-anak zaman sekarang, tidak mengetahui kebudayaan (heritage) seperti ini. Mereka cenderung ke pantai atau tempat-tempat terkenal. Sehingga, tempat ini dipilih agar bisa mengangkat nama dari daya tarik wisata yang sudah sejak lama sekali berdiri dan sekaligus menjaga kelestariannya,” ucap Mananda, menjelaskan.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini, salah satunya Detrio. “Menurut saya kegiatan ini sangat positif, karena kami akhirnya merasakan perkuliahan offline dan praktik di lapangan sesungguhnya. Semoga untuk ke depannya bisa lebih baik lagi,” ungkapnya, penuh semangat.  (LE-GN)

Sumber: www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id