judul gambar
AdvertorialBulelengHeadlines

Bupati Suradnyana Harapkan Seririt Fishing Festival Digarap Berkelanjutan

Buleleng, LenteraEsai.id – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengharapkan Seririt Fishing Festival (Festival Memancing di Seririt) bisa digarap secara berkelanjutan. Dengan perencanaan yang matang, ia juga mengharapkan festival memancing ini bisa mendatangkan peserta hingga skala nasional.

Hal tersebut disampaikan Bupati Suradnyana dalam sambutannya saat meninjau pelaksanaan Seririt Fishing Festival, yang diselenggarakan di Pantai Seririt, Kabupaten Buleleng, Minggu (22/5).

Suradnyana memaparkan, festival memancing merupakan salah satu kegiatan kepariwisataan yang cukup dikenal dan memiliki banyak peminat. Karenanya, ia meminta festival memancing di Kabupaten Buleleng khususnya di Kecamatan Seririt, dapat dikerjakan dengan lebih matang untuk bisa memikat tidak hanya peserta lokal, namun juga hingga nasional.

“Jangan hanya sekali, harus bisa berkelanjutan. Dicari musim-musim arus ikan yang baik. Undang peserta jauh-jauh hari sebelumnya. Dicarikan lokasi dan hari yang baik, jadi bisa dapat banyak ikan, sehingga mereka senang datang ke sini,” ujarnya.

Ketika diikuti oleh banyak peserta, menurutnya festival memancing bisa diadakan dengan beberapa kategori. Mulai dari kelas perahu tradisional hingga perahu yang lebih besar dari luar daerah, dengan jarak memancing yang lebih jauh. Dengan skala yang lebih besar, dampak positif yang ditimbulkan tentu akan lebih maksimal.

“Tentu akan berimplikasi langsung terhadap bagaimana kita menggerakkan sektor ekonomi dan pariwisata. Tentunya, juga memberi kesempatan bagi saudara-saudara kita untuk memutar roda ekonominya,” ucapnya.

Pada kesemptan itu, Bupati Suradnyana tak lupa mengajak seluruh pihak, mulai dari pemerintah desa dan kecamatan hingga masyarakat untuk terus mengawal kemajuan Kabupaten Buleleng. Dengan masa jabatan yang akan segera berakhir, ia menyampaikan keinginannya untuk terus berkontribusi terhadap kemakmuran masyarakat Kabupaten Buleleng.

“Saya akan segera mengakhiri masa jabatan saya. Dengan kerendahan hati, saya ingin terus bersama-sama Bapak dan Ibu sekalian untuk mengawal dan memberi sumbangsih bagi Buleleng. Sehingga terus semakin maju, bersemangat, dan menimbulkan harapan,” katanya.

Suradnyana menambahkan, terselenggaranya kegiatan festival memancing ini sangat baik sebagai upaya bangkit dari pandemi. Yakni peningkatan di bidang kesehatan, dan perekonomian. Ia juga berharap, dengan menjadi tuan rumah kegiatan-kegiatan kepariwisataan, ke depan semakin banyak pemuda yang mau tinggal di Buleleng.

“Kalau ke depan kita bisa menjadi tuan rumah bagi kegiatan kepariwisataan, tentu bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat kita. Akan menjadi dorongan yang secara implikasi sangat luas. Adik-adik kita akan berdiam dan berkegiatan di desa, memberdayakan desa,” ujarnya.

Terakhir, Suradnyana menyampaikan apresiasinya terhadap panitia yang memprakarsai Seririt Fishing Festival. Semoga festival ini mampu memberi dampak positif terhadap kepariwisataan di Buleleng. Juga dampak ekonomi seluas-luasnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, ucapnya, mengharapkan.  (LE-BL1)

Lenteraesai.id