judul gambar
HeadlinesSitubondo

139 Rumah Penduduk Terendam Banjir Luapan Sungai Cilutung Situbondo

Situbondo, LenteraEsai.id – Sebanyak 139 rumah warga di Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur terendam banjir luapan Sungai Cilutung setelah hujan dengan intensitas tinggi turun di kawasan itu sejak beberapa hari lalu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Sabtu (30/4) melaporkan, hingga kini tercatat sebanyak 139 rumah milik penduduk yang terendam banjir yang terjadi sejak Kamis (28/4) dini hari lalu.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari PhD mengatakan, selain merendam rumah warga, banjir juga berdampak pada sektor pertanian, yakni pupuk urea yang tersimpan di gudang milik warga ikut terendam banjir. Ketinggian muka air saat terjadi banjir berkisar antara 50-90 centimeter.

“Hasil kaji cepat di lapangan, mencatat sedikitnya 139 KK di Desa Semiring yang terletak di Kecamatan Mangaran juga terdampak. Kondisi banjir kini  dilaporkan mulai surut, dan tidak ada korban jiwa atas kejadian ini,” ucap Abdul Muhari.

BPBD Kabupaten Situbondo menggandeng pemerintah desa setempat, TNI, Polri, Dinsos, dan warga untuk melakukan koordinasi terkait upaya percepatan penanganan darurat. 

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Situbondo, hari ini (30/4) berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan disertai petir, dengan kecepatan angin berkisar 10 – 30 km per jam. 

Berkaitan dengan itu, aparatur pemerintah desa setempat dan masyarakat diminta untuk tetap siaga dan waspada terhadap potensi adanya banjir susulan apabila terjadi hujan berdurasi lama.

Merujuk hasil analisa InaRISK, Kabupaten Situbondo memiliki potensi risiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Oleh karena itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan, mengingat masa peralihan musim (pancaroba) dapat mimicu terjadinya potensi risiko bencana hidrometeorologi yang akibat faktor cuaca.  (LE-SB) 

Lenteraesai.id