judul gambar
HeadlinesKarangasem

Genjot Vaksin Booster, Camat Selat Karangasem Sasar Ratusan Penerima BTM

Karangasem, LenteraEsai.id – Ada pemandangan menarik di aula Kantor Camat Selat pada Selasa, 26 April 2022. Di sela-sela jajaran Polres Karangasem membagikan bantuan tunai masyarakat (BTM) subsidi minyak goreng sebesar Rp300 ribu kepada warga yang berhak menerima, Camat Selat I Nengah Danu serta Kepala Puskesmas Selat Lanang Udiana dan Tim Vaksin melaksanakan vaksinasi booster bagi penerima BTM yang belum tervaksinasi ketiga. 

Penerima BTM yang sekaligus mendapatkan vaksinasi booster pada pagi hingga malam hari itu adalah para pedagang kaki lima, pemilik warung klontong dan para pedagang kecil se-Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

Melalui gerakan tersebut, kontan para penerima bantuan BTM yang belum memperoleh vaksinasi ketiga, terjaring di lokasi itu, karena untuk mendapatkan bantuan subsidi minyak goreng syaratnya dalam pendaftaran harus menunjukkan bukti sudah tervaksin ketiga. 

Camat Selat I Nengah Danu mengatakan, hal tersebut dilakukakan untuk bisa menyasar semua masyarakat di Kecamatan Selat yang wajib vaksin agar tervaksin booster untuk menuntaskan program pemerintah pusat dalam mempercepat vaksinasi hingga yang ketiga kali, sehingga kekebalan komunitas segera terwujud dan kondisi diharapkan kembali normal seperti sediakala. 

Kecamatan Selat sesungguhnya tertinggi dalam capaian vaksinasi di antara 8 kecamatan se-Kabupaten Karangasem, yakni mendekati angka 63%. Dari 31.738 penduduk sasaran vaksin, sebanyak 19.929 orang atau 62.79% tercatat sudah tervaksinasi, kata I Nengah Danu kepada media LenteraEsai.id di lokasi kegiatan. 

Kepala Puskesmas Selat dr Lanang Udiana membenarkan pernyataan Camat Selat karena dirinya secara bersama-sama sebagai Satgas Covid-19 di Kecamatan Selat. dr Udiana mengatakan, sebagai tim vaksinator dirinya bersama tim selalu bersama-sama dengan pihak Kecamatan Selat dalam menyasar warga untuk kegiatan vaksin.

“Untuk pengerahan masyarakat, Camat Selat selalu melibatkan dan berkoordinasi dengan Perbekel dan Kadus se-Kecamatan Selat. Sedangkan tim vaksin kami punya tanggung jawab dalam menyiapkan perangkat yang diperlukan di lapangan,” kata dr Udiana. 

Beberapa warga penerima bantuan tunai masyarakat yang ditemui media ini di lokasi pembagian BTM, senada mengaku senang karena selain mendapat bantuan subsidi minyak goreng dirinya juga bisa divaksin booster, karena selama ini ada kesibukan bekerja hingga tidak bisa datang ke tempat vaksin.

Hal senada juga dikatakan Ni Luh Suartini, pedagang keliling asal Desa Sebudi yang mengaku gembira mendapatkan BTM sekaligus tervaksinasi Covid-19 untuk yang ketiga kalinya (booster). 

Berbeda dengan Ni Wayan Manis, asal Desa Muncan, pemilik warung makanan. Ia mengaku cukup gelisah mendapatkan vaksin, namun karena yang berhak menerima BTN adalah warga yang sudah divaksin ketiga, sehingga terpaksa harus mengikuti meski sesungguhnya takut disuntik. 

Kegiatan pembagian subsidi minyak goreng yang dilaksanakan Polres Karangasem dimulai sejak pukul 08.00 sampai 20.00 Wita dengan jumlah sasaran sebanyak 553 kk dari 66 dusun dan 8 desa di Kecamatan Selat. Di mana para penerima subsidi minyak goreng itu pendataannya dilaksanakan oleh Babinkamtibmas atau polisi yang bertugas di masing-masing desa. (LE-KA) 

Lenteraesai.id