judul gambar
AdvertorialHeadlinesKlungkung

FTP Unud Gelar Pemberdayaan Petani Rumput Laut di Lembongan

Klungkung, LenteraEsai.id – Dosen Program Studi Teknologi Pangan FTP Unud Dr Ir Komang Ayu Nocianitri MAgrSc dan I Desak Putu Kartika Pratiwi STP MP berkolaborasi dengan Yayasan Cakra Abhipraya Responsif Regional Bali, mengadakan program pembedayaan masyarakat khususnya petani rumput laut di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Kegiatan yang dilandasi semangat kolaborasi itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Nelayan dan Hari Bumi Nasional pada 6 April 2022 dan 22 April 2022.

Cakra Abhipraya Responsif (CAR) Regional Bali merupakan yayasan sosial yang berfokus dalam bidang anak, kemanusiaan dan lingkungan. 

Kolaborasi yang dilakukan antara Yayasan CAR dengan dosen Prodi Teknologi Pangan Unud adalah untuk membantu memecahkan permasalahan petani rumput laut di Desa Lembongan dengan memberikan edukasi dan praktik tentang pengelolaan daya tahan produk dan standarisasi izin PIRT dan BPOM.

Dosen Program Studi Teknologi Pangan Dr Ir Komang Ayu Nocianitri MAgrSc dan I Desak Putu Kartika Pratiwi STP MP memberikan masukan cara berproduksi yang baik, perbaikan proses produksi untuk minuman sari segar dari rumput laut, sehingga produk yang dihasilkan memiliki masa simpan yang lebih panjang. 

Dr Ir Komang Ayu Nocianitri MAgrSc juga melaporkan bahwa petani sudah memproduksi minuman sari segar rumput laut, namun memiliki permasalahan yaitu masa simpannya yang pendek, sehingga pihaknya memberikan edukasi, masukan dan perbaikan dalam proses produksi minuman yang dihasilkan. Dengan demikian, minuman yang dihasilkan memiliki masa simpan yang cukup panjang, ucapnya.  (LE-KL)

Sumber: http://www.unud.ac.id 

Lenteraesai.id