judul gambar
DenpasarHeadlines

Dosen FTP Unud Kembangkan Minuman Probiotik Berbahan Buah Salak

Denpasar, LenteraEsai.id – Minuman probiotik adalah minuman yang mengandung sejumlah bakteri probiotik. Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unud Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Prof Dr Ir I Nyoman Sucipta MP, serta Dr Ir Ida Bagus Putu Gunadnya MS dan Dr I Putu Surya Wirawan STP MSi. mengembangkan minuman probiotik berbahan dasar salak lokal Bali.

Produksi minuman probiotik menggunakan buah salak Bali varietas nangka dan layak dikonsumsi yang ditambahkan stater kefir sebagai probiotik. Pengembangan produk minuman probiotik sari buah salak dengan stater kefir sudah mencapai tahap penelitian.

Penelitian yang telah dilakukan untuk pengembangan produk ini yaitu karakteristik fisikokimia, mikrobiologi, organoleptik dan imunostimulator serum hewan coba berdasarkan perbedaan jenis gula yaitu gula pasir dan gula merah.

Prof Dr Ir I Nyoman Sucipta MP selaku ketua tim peneliti melaporkan, dari hasil penelitian disarankan dalam produksi minuman probiotik sari buah salak Bali menggunakan gula merah. Hal tersebut karena peningkatan IgG serum mencit yang diberikan perlakuan kefir buah salak Bali yang ditambahkan gula merah sebesar 31,66% serta pemberian kefir buah salak Bali yang diberikan gula pasir dan gula merah, pada mencit mampu memberikan respon antibodi IgA spesifik terhadap Escherichia coli sebesar 5%.

Prof Dr Ir I Nyoman Sucipta MP dan tim berharap dari hasil penelitian ini dapat mengedukasi terkait kelebihan minuman sari buah salak lokal Bali probiotik dengan stater kefir sehingga ke depannya didapatkan produk inovasi dan product development yang bisa dijadikan sebagai produk cirikhas dari daerah Bali.   (LE-DP) 

Sumber: www.unud.ac.id

Lenteraesai.id