judul gambar
HeadlinesKarangasem

Anggota Pasukan Damkartan Karangasem yang Purna Tugas Ditarik Jadi Relawan

 

Amlapura, LenteraEsai.id – I Made Jana Ariawan (58), salah seorang anggota pasukan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Karangasem, pada Jumat (18/3) mulai memasuki masa pensiun atau purna tugas.

Sehubungan dengan itu, mantan anggota pasukan tersebut akan ditarik untuk dijadikan sebagai relawan yang nantinya dapat membantu tugas-tugas Damkartan saat terjadi kebakaran dan juga yang lainnya.

“Sesuai mandat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat berpidato pada HUT ke-103 Damkar tanggal 1 Maret lalu, meminta seluruh kabupaten segera membentuk relawan pemadam kebakaran,” kata Kepala Damkartan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah di Amlapura, Jumat (18/3/2022).

Siki Ngurah menyebutkan, dengan kemampuan yang dimiliki oleh pasukan Damkartan yang telah purna tugas kemudian ditarik menjadi relawan,  diharapkan dapat membantu tugas Damkartan dan juga masyarakat saat terjadi kebakaran serta musibah lainnya.

Adanya seorang anggota pasukan yang purna tugas, lanjut dia, Damkartan Karangasem kini hanya didukung 50 anggota pasukan yang masih aktif. Jumlah ini masih kurang jika mengacu pada Perbup No 13 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran (RISPK).

“Tapi, kami masih belum berencana untuk menambah anggota pasukan, melainkan akan tetap mengoptimalkan petugas dan sarana prasarana yang ada, termasuk akan menerjunkan pejabat dan staf administrasi ke lapangan bila terjadi keadaan darurat, terutama terdadap mereka yang sudah mendapatkan pelatihan dasar pemadaman,” ujar Siki Ngurah, bersemangat.

Sementara itu, untuk kegiatan latihan bersama yang selama ini dilakukan  Damkartan dengan Basarnas Karangasem, masih tetap digelar setiap satu minggu sekali, supaya kemampuan dari pasukan terus meningkat terutama yang berkaitan dengan upaya penyelamatan korban, katanya. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id