judul gambar
AdvertorialHeadlinesKarangasem

Bupati Dana Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Booster di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Bupati Karangasem Gede Dana bersama Forkopimda meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) atau tahap ketiga bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas, lansia dan kelompok rentan (comoorbid), bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem, Sabtu (15/1).

Vaksinasi di Kabupaten Karangasem dimulai dari tanggal 15 Januari 2022, dan vaksinasi booster ini merupakan salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi warga yang telah menjalani satu atau dua kali suntik yang tergantung jenis vaksinnya. Vaksinasi booster juga sebagai upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun.

Bupati Gede Dana mengungkapkan, untuk target warga yang tervaksin hari ini kurang lebih 50 orang lansia. Sementara jenis vaksin yang digunakan di antaranya Astra Zeneka, Moderna dan Pfizer.

“Hari ini saya memantau vaksin yang ketiga atau booster di Karangasem. Astungkara masyarakat senang banyak yang datang dengan kesadaran sendiri, tanpa ada iming-iming, tanpa ada hadiah, tanpa ada paksaan,” ucap Bupati Dana, berbangga.

Bupati mengapresiasi antusiasme masyarakat, khususnya para lansia yang hadir untuk divaksin, karena dengan kesadaran tersebut menjadi bentuk kerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan kekebalan kelompok.

Menurut Bupati Dana, Pemkab Karangasem memiliki cukup dosis vaksinasi untuk disebar ke masyarakat sesuai terget sasaran. Sistem yang akan dilakukan adalah door to door oleh para nakes yang ditempatkan pada Puskesmas di desa. Nakes akan mengedukasi dan mencari para lansia rentan yang sudah memenuhi kriteria untuk divaksin booster.

Bupati mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi tahap ketiga, terutama bagi lansia. Bagi keluarga yang punya orang tua diharapkan dengan sukarela untuk mengantarnya ke sarana atau tempat vaksinasi dilakukan.

“Kami sudah melaksanakan dari tahap pertama, mungkin saat pertama masih banyak kendala atau permasalahan dan kekurangan. Saat kedua disempurnakan, ketiga semoga lebih baik dan tidak ada lagi kendala yang berarti,” ujarnya, berharap.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk segera divaksin karena gratis. Vaksin ini bukan hanya untuk kesehatan diri sendiri, tapi untuk kesehatan kita semua. Masyarakat yang punya orang tua ayo dianter ke tempat vaksin,” imbuhnya.

Diketahui, vaksin penguat atau booster ini bisa diberikan kepada lansia tanpa melihat kriteria cakupan vaksinasi suatu daerah. Hanya saja, calon penerima diharuskan sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap lebih dari enam bulan sebelumnya.  (LE-KR1)

Lenteraesai.id