judul gambar
HeadlinesKarangasem

Diguyur Hujan Deras, Jalan Raya Pura Batumadeg – Peninjauan Besakih Karangasem Jebol

Besakih, LenteraEsai.id – Akibat guyuran hujan deras, ruas jalan raya dari Pura Batumadeg menuju Pura Peninjauan yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, dilaporkan jebol pada Senin, 3 Januari 2022.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta didampingi Kadis PUPR, Kabag Ekonomi, Camat Rendang dan Kalaksa BPBD Karangasem langsung terjun ke lokasi untuk melakukan meninjau atas kerusakan yang timbul di ruas jalan tersebut.

Di lokasi bencana, Sekda Sedana Merta mengatakan, infrastruktur jalan jebol setelah tergerus oleh derasnya arus air berkenaan dengan turunnya hujan lebat sejak beberapa hari terakhir ini. Atas kejadian itu, ia mengimbau warga masyarakat yang akan melintasi jalan tersebut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Terkait dengan jebolnya jalan tersebut, Sekda menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Karangasem agar senderan ruas jalan yang jebol dapat ditanggulangi sementara, mengingat APBD baru berjalan. Selain itu, juga sudah menugaskan BPBD Kabupaten Karangasem untuk standby dalam kondisi cuaca seperti saat ini.  

“Anggaran APBD baru berjalan, keterbatasan anggaran membuat pemerintah belum bisa berbuat banyak. Mudah-mudahan dengan beberapa kiat-kiat pimpinan, eksekutif dan legislatif, dapat mengantisipasi anggaran untuk bencana-bencana yang terjadi di musim penghujan seperti saat ini,” kata Sekda Sedana Merta.

Sekda Sedana Merta juga berharap jalan dan tanggul yang ada segera bisa dilakukan perbaikan. Jika tidak ditangani segera, maka akan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi. 

“Apabila kembali diterjang arus deras, tentu bisa membuat kerusakan di sekitarnya menjadi semakin parah. Terlebih, di kawasan tenpat kejadian  sangat mudah digerus oleh luapan air sungai, jadi harus segera diantisipasi,” ujar Sekda, menekankan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR dan Perkim Karangasem Wedasmara mengatakan, rusaknya ruas jalan tersebut bukan hanya diakibatkan curah hujan yang tinggi, namun juga karena saluran drainase yang ada kondisinya kurang baik. 

“Kita akan segera melakukan tindak lanjut sementara, dalam jangka pendek akan dibuatkan senderan dari karung tanah dan kerikil, agar kerusakan tidak melebar, memparah jebolan yang sudah ada,” ucap Wedasmara.

Kemudian untuk air yang berlebih dari Pedarman Sangging akan dibuatkan sodetan di atas, sehingga membagi aliran air yang turun diarahkan ke utara. Dan saat ini juga, Dinas PUPR yang dibantu oleh BPBD Karangasem dan masyarakat sekitar akan melakukan pembersihan saluran drainase dari lokasi jebolan sampai hilir sungai.  

“Mudah-mudahan dengan hal ini dapat mengurangi beban jalan terhadap air yang mengalir saat curah hujan turun dengan curah yang tinggi,” kata Wedasmara, menandaskan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id