judul gambar
HeadlinesKarangasem

Dapur ‘Kembar’ di Sebudi Hangus Terbakar, Percikan Api Masih Misterius

Karangasem, LenteraEsai.id – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Karangasem. Kali ini, Jumat (17/12), si jago merah mengamuk pada dua bangunan dapur milik warga di Banjar Dinas Badeg Kelodan, Desa Sebudi, Kecamatan Selat.

Kedua bangunan ‘kembar’ yang letaknya berdampingan itu, masing-masing dapur milik I Gusti Ngurah Astika berukuran 12×9 meter, dan dapur milik I Gusti Ngurah Raka yang memiliki ukuran 8×6 meter.

Lidah api yang berkobar cukup besar seiring tiupan angin yang cukup kencang, tidak hanya menghanguskan bagian atap kedua dapur, namun juga seisi bangunan ‘kembar’ yang nyaris tak tersisa, hingga para pemiliknya mengalami kerugian dalam puluhan juta rupiah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa piihaknya belum dapat mengetahui secara pasti penyebab timbulnya percikan api yang kemudian menghanguskan dua dapur ‘kembar’ tersebut.

“Belum, penyebabnya belum diketahui, dan dari instansi terkait kini sudah melakukan penyelidikan untuk dapat mengungkap asal muasal percikan api yang kemudian menjadi besar,” ucapnya.

Selain menghanguskan dua dapur, lidah api juga sempat merembet ke sebuah warung yang letaknya berdekatan. “Namun beruntung gak sampai ludes, sehubungan kobaran si jago merah keburu berhasil dipadamkan,” kata Siki Ngurah.

Untuk melakukan penanganan musibah itu, Damkar Karangasem mengerahkan sebanyak 17 personel dengan 5 unit armada. Sementara air yang disemprotkan untuk menjinakkan kobaran api mencapai sekitar 5.000 liter.

Camat Selat dan Kapolsek Selat tampak turun langsung memimpin angotanya ambil bagian dalam upaya pemadaman yang dilakukan tim Darmar dibantu unsur Koramil Selat, BPBD, Puskesmas Selar dan anggota RAPI Kecamatan Selat.

“Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa kebakaran tersebut, tapi kerugiannya ditafsir mencapai Rp30 juta,” ujar Siki Ngurah, menjelaskan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id