judul gambar
HeadlinesNasional

Areal Sawah Seluas 45 Hektare Tergenang Banjir di Daerah Batu Bara-Sumut

Batu Bara, LenteraEsai.id – Puluhan hektare areal persawahan di wilayah Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara kini berubah menjadi ‘danau’ dadakan setelah hujan terus-menerus turun sejak beberapa hari ini.

Sedikitnya 45 hektare areal persawahan di daerah itu, tepatnya di Desa Sei Buah Keras, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara dilaporkan tergenang banjir yang terjadi sejak Senin (22/11) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Informasi yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pagi ini menyebutkan, selain persawahan, lahan sawit seluas 60 Ha dan 10 unit rumah milik penduduk juga tergenang banjir. Namun bersyukur, tidak ada laporan korban jiwa maupun luka-luka akibat peristiwa tersebut.

BPBD Kabupaten Batu Bara juga melaporkan bahwa hingga kini kondisi genangan yang cukup dalam di Desa Sei Buah Keras itu belum menunjukkan akan secepatnya terjadi penurunan atau menyurut.

“Banjir tersebut dipengaruhi curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah kecamatan serta debit air dari kawasan hulu wilayah Kabupaten Simalungun. Pihak BPBD setempat telah melakukan koordinasi dengan aparat desa maupun kecamatan terhadap kondisi banjir yang melanda wilayah tersebut,” ujar Abdul Muhari PhD selaku Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui siaran pada media massa.

Sementara prakiraan cuaca di wilayah Kecamatan Medang Deras dua hari ke depan masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Secara umum, wilayah Sumatra Utara terpantau berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang pada hari ini dan esok hari, Selasa (23/11).

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat selalu waspada dan siap terhadap potensi bahaya hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun angin kencang, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini.  (LE-SU)

Lenteraesai.id